5 Alasan Kenapa Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Dany Garjito
5 Alasan Kenapa Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi bekerja/karier/kerja/karyawan. (Pexels/Energepic)

Berikut 5 alasan kenapa laptop lemot dan cara mengatasinya!

Suara.com - Laptop lemot sering kali menghambat produktivitas Anda. Apalagi jika Anda sedang buru-buru mengerjakan sesuatu yang deadline-nya sudah di depan mata. Masalah ini tentunya harus segera diselesaikan jika tidak ingin pekerjaan Anda terus terganggu. Namun sebelum mengatasinya, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui alasan kenapa laptop lemot.

Berikut 5 alasan kenapa laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot!

1. Terlalu banyak membuka tab dan aplikasi

Membuka banyak tab dan aplikasi sekaligus akan membuat RAM laptop Anda bekerja lebih keras. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan laptop Anda akan semakin memperlambat respon laptop tersebut. Cara mengatasinya, Anda cukup menutup setiap tampilan yang tidak Anda gunakan lagi. Akan sangat baik apabila Anda hanya membuka satu tampilan dalam satu waktu sehingga dapat meringankan kerja laptop Anda.

2. Harddisk (HDD) sudah hampir penuh

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, menyimpan terlalu banyak dokumen dan aplikasi di laptop Anda juga akan membuat laptop lemot. Masalah ini dapat diatasi dengan mengganti harddisk laptop Anda ke versi yang lebih baru, yakni Solid State Drive (SSD). Performa laptop yang telah menggunakan SSD ini akan jauh lebih cepat dibanding dengan laptop yang masih menggunakan HDD.

3. Terkena virus atau malware

Ilustrasi virus komputer (Shutterstock).
Ilustrasi virus komputer (Shutterstock).

Virus atau malware yang menyerang laptop Anda akan menjadi penyebab laptop lemot. Virus ini akan membuat laptop Anda bekerja dua kali lipat dari yang seharusnya. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda harus rutin membersihkan laptop dari virus dengan software antivirus.

4. Kapasitas RAM yang terlalu kecil

Laptop Anda akan lemot jika kapasitas RAM yang dimiliki laptop tersebut terlalu kecil untuk aplikasi-aplikasi berat yang Anda install di perangkat tersebut. Untuk mengatasinya, uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu sering Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan kapasitas RAM agar laptop Anda semakin nyaman digunakan ketika sedang membuka aplikasi-aplikasi berat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS