alexametrics

MediaTek Perkenalkan Prosesor Dimensity 800U untuk HP 5G Kelas Menengah

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
MediaTek Perkenalkan Prosesor Dimensity 800U untuk HP 5G Kelas Menengah
Prosesor Dimensity 800u dari Mediatek. [Dok Mediatek]

MediaTek Dimensity 800U membawa peningkatan teknologi pencitraan dan multimedia ke ponsel 5G.

Suara.com - MediaTek memperkenalkan SoC 5G terbarunya, Dimensity 800U, sebagai anggota terbaru di lini MediaTek Dimensity yang cocok untuk memacu HP 5G di kelas menengah.

Chipset berasitektur 7 nm ini dirancang untuk kinerja tinggi multi-core dan teknologi 5G+5G Dual Sim Dual Standby (DSDS). Chipset ini pun diharapkan mampu mempercepat ketersediaan teknologi 5G dan memberikan pengalaman premium di ponsel 5G kelas menengah.

“MediaTek selalu berfokus dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknologi semikonduktor terdepan kami, baik itu kegiatan streaming, game, atau mengambil foto,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit MediaTek dalam keterangan resminya, Selasa (18/8/2020).

Dibandingkan dengan chip sebelumnya, Lee melanjutkan bahwa MediaTek Dimensity 800U membawa peningkatan teknologi pencitraan dan multimedia ke ponsel 5G.

Baca Juga: Prosesor Mediatek Dimensity 720 Resmi Meluncur, Ini Keunggulannya

Sementara untuk teknisnya, MediaTek Dimensity 800U terintegrasi dengan modem 5G yang tidak hanya mendukung jaringan sub-6GHz SA dan NSA, tapi juga mendukung teknologi-teknologi lainnya, seperti 5G+5G dual SIM dual standby (DSDS), Voice over New Radio (VoNR) ganda, dan 5G two carrier aggregation (2CC 5G-CA), yang diklaim sanggup menghadirkan koneksi 5G yang lebih cepat dan stabil.

Dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, modus operasional modem ini diatur berdasarkan lingkungan jaringan dan kualitas transmisi data, sekaligus memperpanjang umur baterai.

Untuk pemrosesan, Dimensity 800U dibekali prosesor octa-core dengan klaster ganda yang terdiri dari dua prosesor Arm Cortex-A76 berkecepatan 2,4 GHz dan enam prosesor Arm Cortex-A55 dengan clockspeed 2 GHz.

Di sektor grafis, Dimensity 800U mengintegrasikan sebuah GPU Arm Mali-G57, AI processing unit (APU) independen dan RAM LPDDR4x. Bermodal spek tersebut, Dimensity 800U diklaim MediaTek sanggup mendukung refresh rate layar 120 Hz beresolusi FHD+ dan HDR10+.

Chipset ini juga digadang cocok untuk mengotaki ponsel gaming karena membawa engine MediaTek MiraVision PQ yang terintegrasi dengan optimasi HDR untuk berbagai tipe video. Sementara dari sektor kamera, Dimensity 800U bisa mendukung performa ponsel dengan empat kamera dan sensor maksimal hingga 64 MP.

Baca Juga: Baru Meluncur, Ini Fitur MediaTek Helio G25 dan Helio G35

Komentar