alexametrics

Kapal Selam Misterius Tertangkap Satelit di Korea Utara

Dythia Novianty
Kapal Selam Misterius Tertangkap Satelit di Korea Utara
Kapal selam misterius Korea Utara. [Forbes]

Terlihat kapal selam misteri Korea Utara yang tertangkap satelit.

Suara.com - Korea Utara tidak lepas dari kemisteriusan. Di tengah kehebohan berita kondisi Kim Jong-Un yang koma, kini terlihat kapal selam misteri yang tertangkap satelit.

Tidak heran jika proses pembangunan kapal selam dilakukan secaa diam-diam. Teknologi dan spesifikasinya pun seringkali dirahasiakan, tetapi tidak dengan keberadaannya.

Tidak di Korea Utara, publik luas memprediksi keberadaan kapal selam baru, muncul di citra satelit.

Korea Utara mungkin memiliki armada kapal selam terbesar di dunia, tetapi sebagian besar sudah tua dan berbasis teknologinya pun sudah ketinggalan jaman.

Baca Juga: Rusia Segera Angkat Kapal Selam Nuklir dari Dasar Laut Arktik

Kapal selam misterius Korea Utara. [Forbes]
Kapal selam misterius Korea Utara. [Forbes]

Meskipun demikian, mereka terus menjadi ancaman bagi negara lain yang beroperasi di luar negara yang terisolasi. Badan intelijen pun kerap mengawasi dengan ketat dan terus mengukur kemampuannya.

Sebagaimana melansir laman Forbes, Rabu (26/8/2020), belum memiliki nama resmi untuk kapal selam Angkatan Laut Korea Utara tersebut. Jenis baru ini pertama kali dilaporkan hanya sebagai 'Objek yang tidak biasa,' oleh kelompok pemantau Korea Utara 38 North pada 29 Mei lalu.

Kemungkinan itu merupakan kelas baru kapal selam ekstra besar tanpa awak (XLUUV). Sejak saat itu, dimungkinkan untuk mengumpulkan citra satelit tambahan dan perlahan-lahan membangun gambaran yang lebih jelas tentang kapal selam baru ini.

Meskipun begitu, belum ada pengumuman dari Korea Utara. Badan intelijen Korea Selatan dan Barat pun ikut bungkam.

Korea Utara memiliki sejarah panjang dalam membangun kapal selam dan telah mengoperasikannya secara agresif melawan Korea Selatan di masa lalu. Kapal selam Kelas MS-29 Yono Korea Utara, diyakini sebagai platform peluncuran. Tipe baru kemungkinan akan mirip dengan MS-29, meskipun secara signifikan lebih kecil.

Baca Juga: Momen Kocak saat Mobil Elektrik Menerjang Banjir, Bisa Jadi Kapal Selam?

Komentar