Cara Mengatasi Laptop Lemot, Praktis Bisa Dilakukan Sendiri

Rifan Aditya
Cara Mengatasi Laptop Lemot, Praktis Bisa Dilakukan Sendiri
Ilustrasi menggunakan laptop. (Shutterstock)

Berikut adalah cara mengatasi laptop lemot dari rumah.

Suara.com - Pasti sangat menyebalkan saat kita masih ngebut mengerjakan tugas atau bekerja tiba- tiba laptop error atau menjadi lemot. Lantas bagaimana cara mengatasi laptop lemot?

Kondisi laptop lemot membuat pekerjaan jadi menumpuk dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Laptop lemot merupakan masalah yang paling sering kita jumpai. Penyebabnya pun beragam bisa saja kita sebagai pengguna yang salah, software maupun hardware dari laptop perlu diganti, atau virus.

Sebagai pengguna kita juga sebaiknya memperhatikan kapasitas laptop kita jangan sampai pemakaian melebihi dari kapasitas karena bisa menimbulkan masalah yang lebih parah. Berikut adalah cara mengatasi laptop lemot dari rumah.

1. Cari Penyebabnya

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Efektif

Cara mengatasi laptop lemot yang pertama kita harus mengetahui penyebabnya lebih dulu agar lebih mudah mengatasinya. Meskipun kita bukan seseorang yang ahli di bidang komputer, kita tetap harus mengecek kondisi laptop kita sendiri.

Kamu bisa mulai memeriksa kerusakan di bagian software hingga hardware. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan antara lain:

  • Periksa aplikasi di laptop, kalau ada yang tidak kamu butuhkan, langsung uninstal
  • Scan laptop dengan anti virus, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus yang sudah kamu pasang di laptop.
  • Periksa usia hardisk, kamu bisa menggunakan Windows CHKDSK Tool, windows bawaan yang akan memindai disk kamu. Hardisk ini akan membantumu untuk melihat kesehatan atau memindai masalah yang mungkin terdapat di hardisk.

2. Cek Performa Laptop

Setelah melakukan langkah-langkah yang dijelaskan di poin pertama di atas. Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya ialah cek kembali performa laptop kamu. Kalau masih lemot, ini menunjukkan adanya indikasi kamu harus ganti hardisk baru dan upgrade RAM.

3. Perhatikan Aplikasi yang Terpasang

Baca Juga: Cara Video Call WhatsApp 50 Orang, VC WA 50 Orang Cocok untuk Rapat

Selain arahan mengganti hardisk dan mengupgrade RAM. Kamu perlu memperhatikan aplikasi yang terpasang di laptop. Berlebihan dalam menginstal aplikasi bisa menyebabkan laptop lemot. Selain itu apabila kamu menginstal software yang kapasitasnya besar seperti software editing foto atau video, ini bisa mengurangi kapasitas RAM.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS