alexametrics

Hampir Sebulan, Razer Tak Sengaja Bocorkan Lebih dari 100.000 Data Pemain

Dythia Novianty
Hampir Sebulan, Razer Tak Sengaja Bocorkan Lebih dari 100.000 Data Pemain
Ilustrasi Razer. [Shutterstock]

Razer secara tidak sengaja membocorkan lebih dari 100.000 informasi pribadi pemain selama hampir sebulan.

Suara.com - Kabar kurang sedap berhembus buat para gamers. Muncul dari Razer yang secara tidak sengaja membocorkan lebih dari 100.000 informasi pribadi pemain selama hampir sebulan.

Sebagaimana melansir laman The Verge, Rabu (16/9/2020), peneliti keamanan Volodymyr Diachenko menemukan bahwa data pelanggan di situs web Razer tersedia untuk umum pada 18 Agustus lalu karena kesalahan konfigurasi server.

Terungkap informasi pribadi termasuk alamat email dan surat, jenis produk yang dipesan, dan nomor telepon. Namun, informasi kartu kredit tidak disertakan.

Setelah menemukan kesalahan konfigurasi online, Diachenko mengatakan, dia menghubungi Razer beberapa kali selama rentang tiga minggu sebelum akhirnya menerima balasan.

Baca Juga: Dibekali Tombol di Samping, Razer Rilis Mouse Gaming Naga Pro

Ilustrasi hackers. [Shutterstock]
Ilustrasi hackers. [Shutterstock]

Dalam pernyataan yang dikirim ke Diachenko, produsen perangkat keras game tersebut mengakui kesalahan konfigurasi server dan bahwa kebocoran data berpotensi mengungkap informasi pribadi seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat pengiriman untuk pelanggan.

Razer mengatakan bahwa "tidak ada data sensitif lainnya" seperti metode pembayaran yang bocor dan telah memperbaiki kesalahan konfigurasi pada 9 September lalu.

Razer mengonfirmasi masalah tersebut dan mengatakan bahwa pelanggan yang memiliki pertanyaan tentang kebocoran dapat menghubungi DPO@razer.com.

Meskipun tidak ada informasi pembayaran sensitif yang terungkap, informasi pribadi, termasuk alamat email, dapat digunakan untuk aksi phishing, guna mendapatkan informasi lebih lanjut seperti sandi untuk akun online atau detail pembayaran.

Baca Juga: Jangan Mengaku Gamers Sejati, kalau Belum Punya Keempat Aksesoris Ini

Komentar