WiFi Rumah Bermasalah, Lima Cara Mudah Mengatasinya

Dythia Novianty
WiFi Rumah Bermasalah, Lima Cara Mudah Mengatasinya
Ilustrasi WiFi. [Misha Feshchak/Unsplash]

WiFi menjadi salah satu perangkat pendukung yang dibutuhkan selama beraktivitas di rumah.

Suara.com - Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta yang diperpanjang, membuat aktivitas belajar dan bekerja akan lebih banyak dilakukan di rumah. WiFi menjadi salah satu perangkat pendukung yang dibutuhkan selama beraktivitas.

Namun, bagaimana jika WiFi Anda mengalami bermasalah? Berikut beberapa tips dan trik mudah dari Kaspersky
untuk mengatasinya:

1. Analisis Masalah Awal

Pada tahap ini, Anda perlu mengidentifikasi penyebab spesifik dari masalah tersebut. Apakah benar-benar sinyal WiFi yang bermasalah? Atau mungkin hal lain, seperti kecepatan koneksi yang rendah dari ISP Anda?

Baca Juga: Cara Login Wifi Id Pakai Laptop dan Smartphone

Mulailah dengan pemeriksa kecepatan seperti Speedtest.net atau nPerf.com. Jika Anda mendapatkan kecepatan transmisi data yang bagus di dekat router, tetapi buruk di dapur, maka, seperti yang dikatakan orang-orang admin, masalahnya terdapat di pihak Anda.

Ilustrasi simbol Wifi (Shutterstock).
Ilustrasi simbol Wifi (Shutterstock).

Jika demikian, sekarang saatnya untuk sudut pandang lain dalam menganalisis jaringan WiFi Anda. Banyak aplikasi yang menentukan kekuatan sinyal jaringan WiFi tersedia untuk semua platform seluler dan desktop.

Cukup ketik "penganalisis wifi (wifi analyzer)" di mesin telusur atau toko aplikasi mana pun, dan Anda akan melihat banyak pilihan. Pilih salah satu yang memvisualisasikan hasil untuk membantu membandingkan perspektif.

Saat memilih aplikasi, ikuti tindakan pencegahan pada umumnya, pertama-tama pastikan aplikasi tidak memerlukan akses ke kontak atau pesan Anda, lalu lakukan pemindaian dengan Kaspersky Security Cloud.

2. Lakukan percobaan pertama

Baca Juga: Siswa Dapat Wifi Gratis, Orang Tua: Alhamduillah, Nggak Boros Kuota Lagi

Selanjutnya, cobalah bereksperimen dengan posisi router dan sudut antenanya untuk meningkatkan jangkauan. Nyatanya, ini merupakan metode paling sederhana, tidak memerlukan waktu ekstra, uang atau keahlian khusus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS