facebook

Cara Login Wifi Id Pakai Laptop dan Smartphone

Dany Garjito
Cara Login Wifi Id Pakai Laptop dan Smartphone
Ilustrasi bekerja dari rumah atau WFH (Shutterstock).

Berikut ini cara login wifi melalui Laptop dan smartphone yang perlu Anda ketahui.

Suara.com - Kebutuhan masyarakat akan internet semakin meningkat seiring maraknya sistem kerja work from home (WFH) saat pandemi COVID-19. Tak heran jika banyak provider yang berlomba-lomba menyediakan berbagai program dan diskon paket data internet pun juga makin banyak ditemui.

Meski begitu, keberadaan internet dengan teknologi Wifi juga tak kalah digandrungi. Cara kerjanya yang lebih fleksibel karena bisa digunakan di berbagai perangkat menjadikan Wifi sebagai salah satu media internet yang praktis dan cepat untuk memenuhi kebutuhan berselancar di dunia maya oleh masyarakat.

Salah satu provider yang menyediakan layanan Wifi ialah PT Telkomsel yakni Wifi id. Nah, bagi Anda yang berminat memasang Wifi di rumah, berikut ini cara login wifi melalui Laptop dan smartphone yang perlu Anda ketahui.

  1. Syarat Mengkoneksikan Wifi id
    Sebelum mengkoneksikan laptop dan ponsel Anda ke internet, Anda harus tahu syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mengkoneksikan laptop dan ponsel ke wifi.id. Pertama, Anda harus berada di wilayah yang memiliki SSID @wifi.id. Kedua, Anda harus memiliki voucher wifi id dengan tipe akses yang diinginkan sesuai dengan koneksi.
  2. Pastikan fitur pada laptop dan ponsel memadai
    Pertama, Anda harus memastikan dulu laptop dan ponsel yang Anda gunakan memiliki fitur connect wifi sehingga dapat mendeteksi sinyal internet wifi id. Fitur ini bisa Anda lihat di taskbar laptop atau menu wifi di ponsel Android.
  3. Mengkoneksikan
    Selanjutnya pilih atau klik @wifi.id lalu hubungkan ke internet. Lalu tunggu beberapa saat hingga muncul home atau halaman utama wifi id. Selanjutnya login dengan cara masukkan username dan password wifi id. Sayangnya, user dan password ini tidak bisa digunakan secara bersamaan pada perangkat yang berbeda. Sebab, wifi id memiliki konsep single sign on yang artinya jika Anda sudah login pada satu perangkat maka tidak bisa digunakan pada perangkat lain dengan username dan password yang sama. Nah, jika ingin berganti perangkat, Anda haru logout lebih dulu dari perangkat pertama kemudian login ke perangkat lainnya.
  4. Id Seamless
    Namun, jika Anda ingin menikmati kemudahan akses wifi id secara otomatis di berbagai perangkat, Anda bisa menggunakan id seamless yakni layanan bagi pelanggan Indihome di seluruh Indonesia.

Anda hanya perlu membayar langganan Rp 10 ribu/bulan untuk satu perangkat dan akan mendapatkan kecepatan internet maksimal hingga 100Mbps di area publik yang disediakan oleh PT Telkom.

Baca Juga: Cara Setting Ganjil - Genap di Google Maps

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar