alexametrics

Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Menggunakan Whiteboard di Zoom

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Menggunakan Whiteboard di Zoom
Aplikasi Zoom. [Shutterstock]

Whiteboard dalam Zoom adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat papan tulis digital.

Suara.com - Zoom menjadi salah satu aplikasi konferensi video paling populer di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Layanan ini menawarkan keandalan, video berkualitas, dan banyak fitur bermanfaat lainnya seperti Whiteboard.

Whiteboard dalam Zoom adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat papan tulis digital sehingga dapat membuat catatan, menggambar, dan membuat jenis anotasi lainnya. Fitur ini juga dapat berfungsi sebagai alat kolaboratif yang dapat diikuti semua orang.

Whiteboard Zoom pun dapat disimpan sebagai file PNG. Dilansir dari Android Authority, Selasa (27/10/2020), berikut cara menggunakan Whiteboard di Zoom:

1. Cara memulai Whiteboard di Zoom

Baca Juga: Cara Mengubah Background Zoom di HP, Meeting Jadi Lebih Keren

Pertama, buka dan masuk ke pertemuan Zoom > klik pada New Meeting > undang peserta lainnya untuk bergabung dengan pertemuan > saat siap menggunakan Whiteboard Zoom, klik opsi Share Screen > pilih opsi Whiteboard dan klik Share. Setelahnya layar putih baru akan muncul, tempat di mana pengguna dapat membuat catatan dan sebagainya.

Aplikasi Zoom. [Shutterstock]
Aplikasi Zoom. [Shutterstock]

2. Cara menggunakan Whiteboard di Zoom

Setelah pengguna berhasil memulai Whiteboard, pengguna dan rekan satu tim dapat membuat anotasi ataupun berbagi informasi sesuai keinginan.

Satu set alat Whiteboard Zoom akan muncul di atas layar kosong. Di sebelah kiri pengguna akan menemukan alat Select untuk memindahkan objek. Di sebelahnya terdapat opsi Text dan Draw yang cukup jelas.

Alat Stamp akan memungkinkan pengguna menempatkan ikon di mana saja di Whiteboard. Pengguna dapat memilih dari serangkaian stamp yang telah dipilih sebelumnya, yang mencakup panah, tanda centang, tanda X, bintang, hati, dan tanda tanya. Ini membantu pengguna mengekspresikan diri atau pemikiran tentang topik tertentu.

Baca Juga: 4 Penyebab Zoom Meeting Tidak Ada Suara

Untuk menarik perhatian ke area tertentu, pengguna juga bisa menggunakan fitur Spotlight. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur panah dengan nama pengguna di samping setiap bagian dari Whiteboard atau tongkat Spotlight yang memungkinkan untuk menunjuk ke apa pun dan menyorotinya untuk waktu yang singkat.

Fitur lainnya termasuk dukungan untuk Erase atau Menghapus, mengubah warna teks atau gambar (Format), Undo, dan Redo. Jika satu layar tersebut ingin dihapus, pengguna dapat menekan tombol Clear untuk menghapus semua yang ada.

Aplikasi Zoom di website. [Pippa FOWLES/10 Downing Street/AFP]
Aplikasi Zoom di website. [Pippa FOWLES/10 Downing Street/AFP]

3. Cara menyimpan Whiteboard di Zoom

Setelah pengguna selesai menggunakan Whiteboard dan ingin menyimpannya, cukup klik pada tombol Save di sebelah kanan alat anotasi. File PNG akan disimpan ke folder preset yang dapat pengguna lihat dengan mengklik opsi Show in Folder yang muncul tepat setelah menyimpan Whiteboard Zoom.

Komentar