Cara Meningkatkan Jumlah Followers di Instagram

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cara Meningkatkan Jumlah Followers di Instagram
Ilustrasi Instagram. [Shutterstock]

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram dan menambah pengikut.

Suara.com - Instagram tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi berbagi gambar, tetapi kini menjadi alat penting bagi banyak bisnis dan pembuat konten. Platform yang memiliki 1 miliar pengguna setiap bulan ini menjadi tempat ideal bagi pengguna yang ingin berinteraksi dengan orang baru ataupun calon pelanggan.

Bagi para pelaku bisnis dan pembuat konten yang baru memulai mungkin merasa kesulitan untuk memulai dan mendapatkan pengikut di Instagram. Dilansir dari Android Authority, Rabu (28/10/2020), ada banyak cara untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram dan menambah pengikut. Berikut ini lima tips untuk meningkatkan jumlah pengikut di Instagram:

1. Rancang strategi konten

Untuk menarik minat pengguna lainnya, pengguna harus merancang strategi konten. Pertama, perlu memikirkan alasan mengapa ingin mendapatkan lebih banyak pengikut di Instagram dan tujuannya. Apakah ingin memperluas basis penggemar untuk berbagi konten atau ingin meningkatkan vasibilitas bisnis.

Baca Juga: Tayangan Live Instagram Kini Bisa Sampai 4 Jam

Selanjutnya, pengguna juga harus menentukan siapa audiens dari konten tersebut. Seperti siapa yang diinginkan untuk melihat konten, berapa umurnya, hingga wilayah tempat tinggal. Mengumpulkan informasi seperti ini tentang audiens yang dituju akan sangat membantu dalam merancang strategi konten.

Ilustrasi Instagram. [Laura Chouette/Unsplash]
Ilustrasi Instagram. [Laura Chouette/Unsplash]

2. Optimalkan profil Instagram

Sebelum orang lain mengikuti akun Instagram pengguna, orang-orang tersebut akan membuka profil dan memeriksa biografi, gambar terbaru, hingga mungkin mengklik URL yang tertera. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan profil Instagram.

Buat biografi singkat namun informatif. Jelaskan siapa pengguna, misalnya mencantumkan pekerjaan seperti food blogger dan semacamnya.

Anda pun hanya dapat memiliki satu URL di bio. Lewat URL tersebut, pengguna dapat menautkan ke media sosial lain, situs web ataupun URL lain yang sesuai.

Baca Juga: Instagram Ajak Orangtua 'Melek' Isu Kesehatan Mental pada Anak Remaja

Pastikan gambar profil juga merepresentasikan akun Instagram pengguna. Jika akun tersebut berfokus pada bisnis, gunakan logo pada gambar profil agar lebih profesional.

Komentar