alexametrics

Cara Memperbaiki Bug Download pada PS5

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Cara Memperbaiki Bug Download pada PS5
Harga PS5 di Indonesia termasuk yang paling mahal di dunia. [Dok Sony]

Baru berusia beberapa hari, PS5 sudah bermasalah.

Suara.com - Para pengguna PlayStation 5 atau PS5 melaporkan mengalami masalah saat mendownload game dan aplikasi. Kabar ini cukup memalukan untuk Sony, karena konsol terbarunya itu baru saja diluncurkan pada pekan lalu.

Dikutip dari Gamerant pada Selasa (17/11/2020), bug ini muncul dalam dua versi. Pertama, game atau aplikasi yang didownload memang masuk ke dalam kolom antrean atau download. Namun, status download tetap menunjukkan angka nol dan tidak bergerak sama sekali.

Kedua, bug menampilkan hasil download game atau aplikasi telah muncul. Namun saat diperiksa, unduhan tersebut tidak menampilkan apapun di dalamnya.

Beberapa game dan aplikasi PS5 yang mengalami bug adalah Spider-Man: Miles Morales, Call of Duty: Black Ops Cold War, hingga Disney Plus.

Baca Juga: Parah! Calo Jual PS5 dan Xbox Series X Hingga Rp 17 Juta

Komunitas PlayStation akhirnya menemukan cara untuk memperbaiki bug tersebut. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan pengguna adalah mengatur ulang pengaturan PS5 menjadi seperti awal versi pabrik.

"Cara ini akan mengembalikan konsol PS5 seperti saat pertama kali di dikeluarkan dari kotak. Artinya, semua data yang ada di dalamnya akan sepenuhnya dihapus," jelas Gamerant dalam laporannya.

Beritu cara restart PS5:

  1. Buka Setting dan pilih System
  2. Pilih System Software
  3. Pilih Reset Options
  4. Pilih Reset Your Console
  5. Pilih Reset

Namun sebelum melakukan restart ulang, pastikan para pemain mencadangkan data terlebih dahulu, baik itu hard drive eksternal ataupun layanan cloud PS Plus. Sony sendiri belum memberikan komentar dan solusi terkait bug pada PS5 tersebut.

Baca Juga: Cara Ubah Posisi Vertikal ke Horizontal di PS5

Komentar