alexametrics

Samsung Akan Tambahkan Otentikasi Suara untuk Membuka Ponsel

Sumarni | Lintang Siltya Utami
Samsung Akan Tambahkan Otentikasi Suara untuk Membuka Ponsel
Samsung Galaxy S20 SE. [Samsung Indonesia]

Kunci ponsel bisa dibuka hanya menggunakan suara pengguna.

Suara.com - Smartphone Samsung seri Galaxy S21 dikabarkan akan memiliki Bixby Voice sebagai metode otentikasi biometrik. Menurut laporan baru dari SamMobile, otentikasi biometrik tersebut memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel hanya dengan menggunakan suara pengguna.

Fitur tersebut tampaknya akan menjadi bagian dari perangkat lunak Samsung One UI 3.1. Sehingga kemungkinan akan tersedia pada ponsel flagship Samsung tahun 2020, termasuk seri Galaxy S20 dan Galaxy Note 20.

Meski begitu, opsi keamanan ini sedikit diragukan. Sama seperti opsi buka kunci ponsel menggunakan biometrik wajah, fitur tersebut kemungkinan juga dapat dikelabui hanya dengan rekaman suara.

Dilansir dari Android Central pada Jumat (27/11/2020), Bixby biasanya memiliki kemampuan untuk membuka kunci ponsel dengan mengikuti perintah ketika pengguna mengatakan "Hi Bixby".

Baca Juga: Bakal Ditunda: Peluncuran Samsung Galaxy Z Flip 2

Samsung Bixby. [YouTube]
Samsung Bixby. [YouTube]

Ketika Bixby pertama kali diperkenalkan, pengguna bahkan dapat membuka kunci perangkat dengan bantuan kata sandi suara.

Sayangnya, laporan tersebut tidak menjelaskan secara detail bagaimana fitur buka kunci Bixby Voice akan berfungsi pada smartphone seri Galaxy S21.

Selain Bixby Voice, flagship Samsung yang akan dirilis selanjutnya juga diprediksi menawarkan otentikasi sidik jari dan face unlock sebagai metode membuka kunci biometrik.

Bagaimana menurut kalian?

Baca Juga: Hanya 6 Juta Samsung Galaxy S21 yang Akan Diproduksi

Komentar