alexametrics

Macam-macam Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Rifan Aditya
Macam-macam Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui
Ilustrasi sumber daya alam. (Shutterstock)

Berikut macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Suara.com - Sumber daya alam merupakan segala hal yang berasal dari alam dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seluruh manusia. Kamu tahu apa saja macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbarui?

Salah satu jenisnya, adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, yang artinya sumber daya alam ini dapat dikembangbiakkan lagi. Misalnya pohon, hewan, dan masih ada banyak sekali macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui lainnya.

Macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini berasal dari berbagai ekosistem, di mana ada ekosistem darat seperti hutan, tanah, gurun, dan tundra. Ada pula ekosistem laut seperti rawa, danau, serta sungai. Berbagai ekosistem ini memiliki sumber daya yang sangat penting untuk menunjang kehidupan seluruh manusia. Yuk, ketahui lebih banyak tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui berikut ini.

Matahari

Baca Juga: Faktor Penyebab dan Dampak Pencemaran Air

Sinar matahari termasuk ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena sumber daya alam ini bahkan bisa dipakai secara terus menerus. Matahari memiliki energi yang bisa digunakan dengan batas tidak terhingga, sehingga matahari kerap disebut sebagai pusat galaksi bima sakti.

Sebagian besar manusia menjadikan matahari sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga, karena sangat ramah lingkungan. Sedangkan sebagian lagi menggunakannya untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan.

Air dan Tanah

Air juga termasuk energi yang tidak terhingga, sehingga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Air sangat penting keberadaannya bagi makhluk hidup, dan juga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif seperti pembangkit listrik.

Hampir seluruh makhluk hidup di bumi ini memerlukan air untuk kehidupannya. Sementara tanah yang juga merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui juga sangat bermanfaat untuk pertanian, perkebunan, dan pembangunan.

Baca Juga: Jenis dan Pengertian Pencemaran Lingkungan

Tumbuhan dan Hewan

Komentar