alexametrics

Pengertian Teori Evolusi, Jenis dan Tokoh-tokohnya

Rifan Aditya
Pengertian Teori Evolusi, Jenis dan Tokoh-tokohnya
Abstraksi yang termasyur dalam menggambarkan teori evolusi manusia yang dikemukakan oleh Charles Darwin (Shutterstock).

Melansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut ini pengertian dan penjelasan teori evolusi.

Suara.com - Makhluk hidup pasti mengalami evolusi atau perubahan dan perkembangan secara bertahap dan dalam kurun waktu yang lama. Itulah salah satu yang dipercaya oleh para tokoh teori evolusi. Apa pengertian teori evolusi? Simak penjelasan, jenis serta tokoh-tokoh teori evolusi dalam ulasan berikut.

Manusia, mengalami evolusi dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang lebih rumit dan kompleks. Melansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut ini pengertian dan penjelasan teori evolusi.

Pengertian Teori Evolusi

Evolusi merupakan cabang biologi yang di dalamnya mempelajari tentang asal usul dan sejarah makhluk hidup serta hubungan genetik antara makhluk hidup satu dengan lainnya. Evolusi diartikan sebagai perubahan yang dialami secara perlahan dan dalam jangka waktu yang lama. Di dalamnya, evolusi mencakup dua hal yakni:

Baca Juga: Pembelahan Mitosis Lengkap dengan Fasenya

  • Evolusi Organik yakni evolusi biologi dimulai dari titik kulminasi evolusi kimia asal mula terjadinya kehidupan dan proses kehidupan yang sedang berlangsung
  • Evolusi Molekuler/Anorganik yakni asal usul makhluk hidup di Bumi berdasarkan fakta dan penalaran teoritis. Atau dapat diartikan juga sebagai asal mula terjadinya kehidupan pada tingkat molekuler.

Teori Evolusi dan Persebaran Manusia

Prinsip teori evolusi digagas oleh para ilmuwan Yunani hingga awal abad ke-18. Ada dua tokoh yang berperan penting dalam pembentukan teori evolusi modern yakni Alfred R. Wallace (1823-1913) dan Charles R. Darwin (1809-1882).

Diketahui bahwa Wallace banyak melakukan penelitian di Indonesia dan menghasilkan banyak buku seperti berjudul Malay Archipelago dan Contributions to the Theory of Natural Selection. Dari penelitiannya tersebut, ditarik kesimpulan bahwa adanya seleksi alam yang menjadi landasan teori evolusi dari Charles Darwin selain faktor variasi dan adaptasi.

Tokoh Teori Evolusi

Selain Alfred R. Wallace dan Charles R. Darwin, tokoh-tokoh lain yang berperan signifikan untuk perkembangan teori evolusi ialah:

Baca Juga: Lapisan Atmosfer dan Fungsinya

  1. Thomas Huxley (1825-1895) seorang ahli biologi asal Inggris yang mendukung teori evolusi Darwin
  2. Ernst Haeckel (1834-1919) seorang ahli biologi dari Jerman yang menyatakan bahwa proses evolusi Darwin berawal dari perkembangan janin
  3. Gregor J. Mendel (1822-1884) ia bertugas sebagai peletak dasar ilmu genetika modern

Berikut ini daftar teori evolusi yang dikemukakan oleh para ahli sebelum dan sesudah Darwin menemukan teori evolusi modern.

Komentar