alexametrics

Google Cloud Dukung Transformasi Digital Industri Keuangan Indonesia

Dythia Novianty
Google Cloud Dukung Transformasi Digital Industri Keuangan Indonesia
Google Cloud Jakarta Region Launch [screenshot Google].

Layanan keuangan dan perbankan menjadi salah satu yang beralih ke cloud.

Suara.com - Transformasi digital di berbagai sektor menjadi salah satu yang didorong pemerintah saat ini. Layanan keuangan dan perbankan menjadi salah satu yang beralih ke cloud.

"Keinginan pelanggan terhadap pengalaman digital yang sangat dipersonalisasi, mencakup banyak saluran, serta lancar dan mudah digunakan juga meningkat sangat pesat akibat semakin banyaknya orang yang beralih ke layanan berbasis seluler selama pandemi," ujar Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie dalam pers confence virtual, Selasa (8/12/2020).

Seperti dalam laporan IDC berjudul “A Decision Maker’s Guide to Hyper-Personalization in Southeast Asia Financial Services”, disebutkan bahwa hingga 2020, sebanyak 76 persen nasabah perbankan di Asia Tenggara sudah aktif di saluran perbankan digital.

Sebanyak 40 persen di antaranya khusus bertransaksi di saluran digital saja. Pada 2023, jumlah ini diharapkan meningkat masing-masing menjadi 80 persen dan 60 persen.

Baca Juga: Awas! Google Bakal Hapus Foto di Gmail dan Drive

Ilustrasi cloud. [Shutterstock]
Ilustrasi cloud. [Shutterstock]

PT Bank Maybank Indonesia Tbk. melibatkan solusi analisis data Google Cloud untuk memahami insight pelanggan secara real time. Maybank Indonesia menggunakan BigQuery untuk memecah kumpulan data silo, dan memadukan serta menganalisis data terstruktur dan data tidak terstruktur, agar dapat semakin cepat memahami tuntutan dan preferensi konsumen yang terus berkembang.

Maybank Indonesia juga berencana memperluas penggunaan layanan cloud publik dalam waktu 5-6 tahun ke depan.

“Langkah pertama untuk menyatukan data adalah beralih dari infrastruktur tradisional ke cloud. Infrastruktur dan pendekatan keamanan mendalam dari Google Cloud region Jakarta memberikan alat-alat yang penting untuk memastikan kepatuhan kami terhadap regulasi, untuk pencegahan penipuan, dan menjamin keamanan kami secara menyeluruh,” terang David Formula, CTO, Maybank Indonesia.

PasarPolis juga menggunakan alat Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) berbasis cloud untuk memecahkan sejumlah masalah terberat yang dihadapi industri asuransi.

Perusahaan startup ini juga menggunakan Vision API Google Cloud untuk mengenali gambar klaim yang diajukan pelanggan, sehingga dapat menghemat waktu secara signifikan dan mengurangi upaya manual yang diperlukan untuk memproses klaim, sekaligus meningkatkan akurasi dan semakin meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Ada Lima Fitur Baru Google, Ini Daftarnya

“Dukungan Kubernetes yang tangguh dari Google Cloud juga memudahkan kami membangun layanan baru dengan cepat tanpa perlu banyak tim DevOps, sehingga mereka bisa fokus pada inovasi masa depan tanpa perlu mengkhawatirkan kapasitas infrastruktur,” ujar Cleosent Randing, CEO PasarPolis.

Komentar