alexametrics

Kurangi Limbah Digital, iPhone 13 Rilis Tanpa Kabel Charger?

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Kurangi Limbah Digital, iPhone 13 Rilis Tanpa Kabel Charger?
Ilustrasi logo Apple. [Shutterstock]

Ide mengenai peluncuran iPhone 13 tanpa kabel charger ini berdasarkan survei terbatas yang dilakukan Apple pada pengguna iPhone 12.

Suara.com - iPhone 13 akan diperkenalkan oleh Apple di tahun 2021 mendatang. Sebelum resmi dirilis, rumor menyebutkan bahwa iPhone 13 akan rilis tanpa menggunakan kabel charger.

Ide mengenai peluncuran iPhone 13 tanpa kabel charger ini berdasarkan survei terbatas yang dilakukan Apple pada pengguna iPhone 12.

Melansir dari Gizchina, dalam survei tersebut, Apple menyampaikan rasa penasaran mengenai penggunaan aksesoris dalam box penjualan yang selama ini didapat oleh pengguna. Beberapa aksesoris tersebut antara lain kabel USB-C Lightning, SIM ejector dan stiker Apple.

Karena pertanyaan dalam survei Apple tersebut, banyak pengguna yang lalu curiga jika perusahaan HP ini akan meluncurkan seri Apple berikutnya, yaitu iPhone 13 tanpa kabel charger.

Baca Juga: Tumbuh Positif, Apple Memimpin Pasar Smartwatch Global

Walaupun belum ada informasi resmi dari pihak Apple, namun hal ini mungkin saja terjadi di masa mendatang. Pasalnya, Apple sedang dalam usaha untuk mengurangi limbah digital.

iPhone 12. (Apple)
iPhone 12. (Apple)

Usaha Apple mengurangi limbah digital ini dimulai dari tidak tersedianya kepala charger dalam kemasan iPhone 12 yang rilis beberapa waktu yang lalu. Keputusan Apple ini lalu cukup menimbulkan pro dan kontra di awal perilisan.

Jika iPhone 13 akan rilis tanpa kabel charger, hal ini jelas saja menjadi usaha besar Apple untuk mengurangi limbah digital pada kabel Lightning yang selama ini digunakan.

Banyak rumor menyebutkan, mengikuti jejak perusahaan lainnya yang meluncurkan HP dengan port USB-C, iPhone 13 kemungkinan akan dirilis Apple dengan menggunakan kabel tersebut.

Hingga kini, rumor ini belum dapat dipastikan kebenaranya. Pasalnya, hingga kini, Apple masih begitu pelit berbicara dan tidak menjelaskan apapun terkait peluncuran iPhone 13 tanpa kabel charger.

Baca Juga: Seharga Rp 7,7 Juta, Ini Keunggulan AirPods Max

Komentar