alexametrics

Kurang dari Sebulan, Penjelajah Baru NASA Mendarat di Mars

Yazir Farouk | Lintang Siltya Utami
Kurang dari Sebulan, Penjelajah Baru NASA Mendarat di Mars
Ilustrasi Perseverance mendarat di Mars [NASA/JPL-Caltech]

Selama misinya, Perseverance akan menjelajahi Jezero untuk mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno.

Suara.com - Penjelajah Mars baru milik NASA yang disebut Perseverance akan mendarat di Planet Merah kurang dari sebulan.

Penjelajah seukuran mobil yang merupakan inti dari misi Mars 2020 senilai 2,7 miliar dolar AS ini akan mendarat pada 18 Februari dan memulai era baru eksplorasi Mars.

Pada tanggal yang telah ditentukan itu, skycrane bertenaga roket akan menurunkan Perseverance ke permukaan Kawah Jezero, sebuah wilayah seluas 45 kilometer yang diyakini memiliki danau dan delta berusia miliaran tahun.

Selama misinya, Perseverance akan menjelajahi Jezero untuk mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno sekaligus mengumpulkan dan menyimpan lusinan sampel permukaan.

Baca Juga: NASA Lakukan Pendekatan ke Matahari saat Siklus Cuaca Antariksa Meningkat

Jika berjalan sesuai rencana, sampel tersebut akan dikembalikan ke Bumi pada awal tahun 2031 melalui kampanye bersama NASA dan Badan Antariksa Eropa (ESA) dalam upaya pengembalian sampel Mars pertama yang dilakukan manusia.

Tak hanya itu, Perseverance juga dibekali dengan helikopter kecil bernama Ingenuity, proyek eksperimental dari misi Mars 2020 yang akan menjadi helikopter pertama yang terbang di planet asing.

Perseverance juga dirancang untuk membuka jalur bagi eksplorasi manusia di Planet Merah. Salah satu instrumen penjelajah yang disebut MOXIE (kependekan dari Mars Oxygen ISRU Experiment) akan menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars yang didominasi karbon dioksida.

Dilansir dari Space.com pada Sabtu (23/1/2021), diharapkan teknologi tersebut dapat membantu manusia untuk memijakkan kaki di Planet Merah.

Melihat rangkaian rencana NASA, ada banyak hal yang bisa dinantikan setelah Perseverance mendarat di Mars.

Baca Juga: NASA Targetkan Pemberhentian Asteroid Kedua Misi OSIRIS-REx

Penjelajah NASA bukanlah satu-satunya wahana antariksa yang akan tiba di Mars bulan depan. Misi Planet Merah pertama Uni Emirat Arab berupa pengorbit bernama Hope juga akan mencapai Mars terlebih dahulu, pada 9 Februari.

Komentar