alexametrics

Dirilis Bersamaan, Ini Perbedaan Spesifikasi Realme 5 dan Realme 5 Pro

Fitri Asta Pramesti
Dirilis Bersamaan, Ini Perbedaan Spesifikasi Realme 5 dan Realme 5 Pro
Perbedaan spesifikasi Realme 5 dan Realme 5 Pro. (Dok. Realme)

Realme 5 Pro dan Realme 5 yang dirilis bersamaan pada September 2019 lalu

Suara.com - Dikenal dengan selalu merilis aneka produk smartphone dengan spesifikasi hardware kelas premium namun dibanderol dengan harga terjangkau, Realme makin menunjukkan popularitasnya sebagai brand ternama di pasar gadget Indonesia. 

Masih segar diingatan ketika Realme menelurkan dua produk smartphone Realme 5 Pro dan Realme 5 yang dirilis bersamaan pada September 2019 lalu, yang saat itu langsung mendapatkan sambutan positif dari pecinta gadget di Indonesia. 

Meski namanya cukup mirip, keduanya memiliki beberapa perbedaan fitur dan spesifikasi yang cukup signifikan. Smartphone Realme 5 memiliki spesifikasi yang sedikit rendah. Namun di beberapa sektor, Realme justru membekalinya dengan spesifikasi lebih tinggi dibanding versi "Pro".

Contohnya pada bagian layar, bentangnya 6,5 inci namun resolusinya lebih rendah yakni 1.600 x 720. Baterainya juga lebih jumbo yakni 5.000 mAH. Namun untuk mengisi daya, smartphone Realme 5 masih menggunakan konektor microsUSB bukan USB C seperti versi "Pro".

Baca Juga: Muncul di TENAA, Bocoran Realme Narzo 30 Pro Siap Dirilis?

Susunan kamera belakang juga berbeda. Kamera utama Realme 5 beresolusi 12 megapiksel (f/1.8) berbanding 48 megapiksel di versi Pro. Tapi untuk tiga kamera lain masih sama yakni ultra-wide 8 megapiksel, kamera makro 2 megapiksel, dan depth sensor 2 megapiksel. Kamera belakang Realme 5 dan 5 Pro sama-saama dibekali EIS untuk menstabilkan perekaman video.

Sementara resolusi kamera depan 13 megapiksel yang didukung AI beautification dan HDR. Untuk dapur pacu, chipset Snapdragon 665 AIE dengan fabrikasi 11nm ditanamkan di jantung perangkat. Dukungan memorinya adalah RAM 4 GB dengan internal 128 GB. Software yang digunakan masih sama, yakni Android 9 Pie dan antarmuka ColorOS 6. Ada dua warna yang bisa jadi pilihan, yakni Cyrstal Purple dan Sparkling Blue.

Sedangkan smartphone Realme 5 Pro punya bentang layar 6,3 inci dengan resolusi full HD. Layar ini dilapisi oleh pelindung Corning Gorilla Glass 3.

"Rasio screen to bodynya 90,6 persen dan akan nyaman secara visual dan main game", ujar Felix Christian, Product Manager Realme Indonesia dalam acara peluncuran Realme 5 Pro dan Relame 5 kala itu.

Di sudut atas layar terdapat "notch" kecil sebagai rumah kamera depan. Dalam bahasa Realme, desain ini diistilahkan sebagai minidrop. Bagian punggungnya bermotif kristal dengan dua pilihan warna, yakni Crystal Geen dan Sparkling Blue.

Baca Juga: Rilis Versi Beta, Ini Daftar Ponsel Realme dengan Update UI 2.0

Di pojok kiri atas punggung tersebut berjajar empat kamera belakang secara vertikal. Kamera utama memiliki resolsui 48 megapiksel (f/1.8) dengan sensor Sony IMX586, kamera 8 megapiksel ultra wide (f/2.25) dengan bidang pandang 119 derajat, lensa makro 2 megapiksel (f/2.4), dan depth sensor 2 megapiksel (f/2.4).

Komentar