alexametrics

Beredar Undangan Beta Far Cry 6 Palsu, Waspada Phising!

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Beredar Undangan Beta Far Cry 6 Palsu, Waspada Phising!
Trailer Far Cry 6. (YouTube/ Ubisoft)

Gamer yang menantikan Far Cry 6 harus hati-hati dengan undangan palsu lewat email.

Suara.com - Far Cry 6 telah mengeluarkan trailer yang menampakkan adegan sinematik menawan pada Juli 2020 lalu. Banyak pecinta game FPS yang tak sabar menunggu perilisan game AAA besutan Ubisoft tersebut.

Sebelumnya, game ini diharapkan rilis pada Februari meski akhirnya sang publisher mengumumkan untuk menundanya pada suatu tanggal di tahun 2021.

Menurut spekulasi dan bocoran sebelumnya, game diprediksi rilis pada Mei 2021 atau kuartal kedua (atau mungkin ketiga) tahun ini.

Ubisoft memang belum mengumumkan tanggal rilis baru namun mereka telah mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak pernah mengirimkan undangan beta access Far Cry 6 kepada pemain baru-baru ini.

Baca Juga: Fitur FPS Boost Baru di Xbox Series X Bikin Game Lama Jadi Lancar

Dikutip dari PC Gamer, undangan beta palsu dilaporkan di Twitter oleh YouTuber theRadBrad. Ia mengatakan bahwa undangan tersebut nampak berasal dari situs resmi Ubisoft dan "bahkan memiliki embargo dengan kata sandi khusus untuk mengaksesnya".

Ubisoft memperingatkan mengenai email beta Far Cry 6 yang bisa jadi phising. (Twitter/ UbisoftSupport)
Ubisoft memperingatkan mengenai email beta Far Cry 6 yang bisa jadi phising. (Twitter/ UbisoftSupport)

Namun saat mengakses, YouTuber itu merasa bahwa itu semacam malware yang "mengawasi layar dan merekam semua yang Anda lakukan".

Akun resmi Ubisoft langsung menjawab dan mengonfirmasi bahwa itu adalah upaya phising karena mereka saat ini masih belum memberikan link beta access pada penggemar Far Cry 6.

"Kami dapat mengonfirmasi email mengenai akses beta Far Cry 6 adalah upaya phishing. Itu telah dilaporkan. Harap jangan menanggapi apabila Anda menerima email semacam ini," tulis keterangan resmi Ubisoft.

Far Cry 6. (Ubisoft)
Far Cry 6. (Ubisoft)

Phising sendiri merupakan upaya penipuan untuk memperoleh informasi atau data sensitif, seperti username, password, detail kartu kredit dan semacamnya, di mana itu akan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam komunikasi digital.

Baca Juga: Siapkan Proyek AAA, Crytek Akan Luncurkan Game FPS Anyar?

Ubisoft memperingatkan agar penggemar tidak melakukan link click atas undangan beta access Far Cry 6 karena bisa merugikan pengguna. Mereka sudah mengetahui penyebarannya dan akan segera menyelidiki kasus tersebut.

Ini bukan pertama kalinya game populer disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab dalam melakukan phising. Penipuan serupa pernah menargetkan Cyberpunk 2077 serta Epic juga pernah memperingatkan kampanye bahaya phising pada Fortnite Android 2018.

Mengingat Far Cry 6 merupakan game yang cukup ditunggu di tahun ini, tak heran apabila upaya phising memanfaatkan Far Cry 6 juga juga ikut muncul.

Komentar