alexametrics

Chess.com: Akun Dewa Kipas Diblokir Karena Curang

Liberty Jemadu
Chess.com: Akun Dewa Kipas Diblokir Karena Curang
Levy Rozman, pecatur dengan nama layar GothamChess, sedang berbicara di platform streaming Twitch. Namanya mendadak beken di Indonesia karena dikalahkan Dewa Kipas alias Dadang Subur, pecatur amatir Tanah Air di laga catur online. [Twitch/GothamChess]

Chesscom mengatakan lewat Twitter bahwa mereka tidak pernah menutup akun pemain, termasuk Dewa Kipas, karena alasan banyaknya jumlah report.

Suara.com - Chess.com, aplikasi bermain catur online, yang sedang jadi sorotan dalam kehebohan antara Dewa Kipas alias Dadang Subur dan Levy Rozman alias GothamChess, menekankan bahwa pihaknya tak pernah memblokir akun karena menerima report. Penutupan akun hanya karena pemain diketahui curang.

"Kami tidak akan pernah menutup satu akun karena jumlah laporan dari @GothamChess atau kreator lain atau komunitas mereka," tulis Chesscom di Twitter, Kamis (4/3/2021).

"Semua penutupan akun dibuat berdasarkan penilaian tim, setelah melalui evaluasi yang seksama berdasarkan kebijakan fair play kami," lanjut platform tersebut.

Cuitan Chesscom ini turut di-retweet oleh akun Twitter Rozman, GothamChess. Sayang kini akun Twitter Rozman sudah ditutup untuk publik.

Baca Juga: Dewa Kipas Bagikan Cara Kalahkan Master GothamChess di Laga Catur Online

Rozman sendiri adalah seorang pecatur profesional dengan gelar master internasional. Selain itu, ia juga dikenal sebagai kreator konten Youtube untuk tema catur. Ia juga sangat populer di platform streaming game Twitch.

Adapun Dadang Subur, lewat puteranya Ali Akbar, mengklaim bahwa dia bermain jujur saat mengalahkan Levy Rozman. Ali, dalam penjelasan di Facebook, mengatakan ayahnya memang hobi bermain catur dan beberapa kali juara dalam turnamen amatir.

Dadang juga membeberkan cara mengalahkan Rozman yang dinilainya bermain dengan langkah yang mudah ditebak.

"Kebetulan pas GothamChess main, langkahnya itu mirip dengan langkah komputer. Nah pas dia lengah, peluangnya bisa saya manfaatkan," tutur Dadang dalam video klarifikasi, Kamis (4/3/2021).

Dadang mengaku sudah sering mengalahkan komputer dalam pertandingan catur online. Karenanya, kata dia, mengalahkan Levy Rozman bukan perkara yang terlalu sulit.

Baca Juga: Siapa GothamChess? Gamer Catur yang Viral Usai Dikalahkan Bapak-bapak

Komentar