alexametrics

Arkeolog Ungkap Hewan Pembunuh sebelum Munculnya Dinosaurus

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Arkeolog Ungkap Hewan Pembunuh sebelum Munculnya Dinosaurus
Anteosaurus. [University of the Witwatersrand]

Dinosaurus selalu identik sebagai hewan prasejarah yang menakutkan.

Suara.com - Dinosaurus selalu identik sebagai hewan prasejarah yang menakutkan. Ada beberapa hewan pembunuh lainnya yang pernah hidup di Bumi, jauh sebelum dinosaurus.

Salah satu hewan ini adalah Anteosaurus berahang besar yang dianggap lamban. Namun, dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa hewan itu adalah pemburu yang ganas dan cepat.

Para ilmuwan di University of the Witwatersrand, Afrika Selatan, menggambarkan Anteosaurus sebagai pembunuh pemburu yang ganas.

Anteosaurus adalah dinosepalia dengan ukuran sebesar kuda nil. Tim ilmuwan menjelaskannya sebagai reptil mirip mamalia.

Baca Juga: Ngeri! Arkeolog Temukan Kepala Perempuan dari Zaman Batu di Gua

Hewan ini berkembang biak di Afrika sekitar 260 juta tahun lalu, tetapi mati 30 juta tahun sebelum dinosaurus pertama.

Penelitian sebelumnya tentang Anteosaurus menunjukkan bahwa hewan itu sangat berat dan lambat sehingga mungkin harus hidup di air.

Anteosaurus. [University of the Witwatersrand]
Anteosaurus. [University of the Witwatersrand]

Tim dari Wit University kemudian membuat rekonstruksi 3D tengkorak Anteosaurus dan menemukan beberapa data baru yang mengejutkan tentang otak, bagian tubuh, dan kemungkinan keterampilan berburu di darat.

"Dalam membuat rekonstruksi paling lengkap dari tengkorak Anteosaurus hingga saat ini, kami menemukan bahwa secara keseluruhan, sistem saraf Anteosaurus dioptimalkan dan dikhususkan untuk berburu dengan cepat, tidak seperti yang diyakini sebelumnya," kata Ashley Kruger, ahli paleontologi, seperti dikutip dari CNET, Jumat (5/3/2021).

Kruger adalah rekan penulis makalah tentang Anteosaurus yang diterbitkan online bulan lalu di jurnal Acta Palaeontologica Polonica.

Baca Juga: Ditemukan! Fosil Jenis Titanosaurus Tertua di Dunia

Studi tersebut menunjukkan bagaimana rekonstruksi komputer dapat mengubah wawasan yang diketahui manusia tentang hewan yang sudah lama punah.

Tim ilmuwan yang terlibat dalam studi tersebut percaya bahwa meskipun Anteosaurus hidup 200 juta tahun sebelum dinosaurus terkenal Tyrannosaurus rex, Anteosaurus bukan makhluk primitif dan tidak kalah dengan pembunuh prasejarah yang perkasa.

Komentar