alexametrics

Huawei P50 Jadi Smartphone Pertama Menjalankan HarmonyOS

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Huawei P50 Jadi Smartphone Pertama Menjalankan HarmonyOS
Logo Huawei. [Shutterstock]

Huawei P50 telah melewati pengujian beta 2 dari OS terbaru dan sudah memasuki uji coba beta 3. Hasilnya pun dikatakan cukup memuaskan.

Suara.com - Huawei P50 akan menjadi smartphone pertama menggunakan sistem operasi original perusahaan sebagai pengganti OS Android, HarmonyOS.

Kabarnya, perangkat tersebut telah melewati pengujian beta 2 dari OS terbaru dan sudah memasuki uji coba beta 3. Hasilnya pun dikatakan cukup memuaskan.

Mengutip PhoneArena, Selasa (9/3/2021), Huawei P50 dikatakan tidak akan menjadi perangkat pertama yang menjalankan sistem operasi HarmonyOS.

Namun, P50 akan menjadi smartphone yang sepenuhnya mengandalkannya. Menurut bocoran, Huawei P50 akan menampilkan sensor kamera satu inci IMX800 dari Sony.

Baca Juga: 10 Smartphone Mid-Range Terbaik Periode Februari 2021 versi AnTuTu

Selain itu, ponsel juga dikatakan masih menggunakan chipset original Kirin 9000 seperti merek sebelumnya. P-series sendiri merupakan smartphone unggulan bagi Huawei.

Kepindahannya ke HarmonyOS menyiratkan perusahaan yakin dengan software baru buatannya.

Bocoran Huawei P50 gunakan HarmonyOS. [Phonearena]
Bocoran Huawei P50 gunakan HarmonyOS. [Phonearena]

Bertepatan dengan peluncuran Huawei Mate X2 beberapa waktu lalu, perusahaan juga telah mengkonfirmasi HarmonyOS bisa digunakan pengguna pada April mendatang.

Peluncuran HarmonyOS sendiri dikarenakan sanksi dari Pemerintah Amerika Serikat yang memasukkan Huawei ke Daftar Entitas pada 2019.

Hasilnya, Huawei tidak diperbolehkan memiliki hubungan dagang dengan perusahaan AS, termasuk Google.

Baca Juga: Salip Huawei, Oppo Jadi Merek Smartphone Terbesar di China

Keputusan ini bukan menjadi masalah untuk China. Sebab, aplikasi Google seperti Gmail diblokir di sana.

Komentar