alexametrics

Meme Legendaris Bad Luck Brian Berhasil Terjual Rp 519 Juta

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Meme Legendaris Bad Luck Brian Berhasil Terjual Rp 519 Juta
Meme Bad Luck Brian yang legendaris laku seharga Rp 519 Juta dalam lelang online. [Dok Foundation]

Meme Bad Luck Brian adalah foto siswa bernama Kyle Craven. Foto ini berasal dari buku tahunan sekolah biasa yang diunggah ke internet pada Januari 2012.

Suara.com - Meme legendaris Bad Luck Brian mendapatkan keberuntungan minggu ini karena berhasil terjual sebagai karya seni kripto seharga 20 ethereum atau setara Rp 519 juta.

Meme Bad Luck Brian sendiri berasal dari foto seorang siswa bernama Kyle Craven. Foto ini berasal dari buku tahunan sekolah biasa yang kemudian diunggah ke internet pada Januari 2012 oleh Ian Davies, sahabat Kyle.

Meskipun terlihat sebagai foto siswa biasa, namun foto ini justru viral sampai sekarang. Warganet menggunakan meme ini untuk menertawakan nasib malang yang menimpa mereka. Foto tersebut juga ditambahkan dengan tulisan agar semakin relate dengan nasibnya.

Kyle Craven bersama pengunggah foto Ian Davies kemudian mengunggah foto tersebut ke situs Foundation, sebuah online marketplace yang menjual beberapa karya seni digital. Situs ini menggunakan metode lelang untuk mendapatkan karya seni yang diunggah oleh kreator.

Baca Juga: Jack Dorsey Jual Cuitan Pertama Saat Bikin Twitter, Ditawar Nyaris Rp 36 M!

Dikutip dari BusinessInsider, Jumat (12/3/2021), lelang meme Bad Luck Brian ini telah ditutup pada 9 Maret lalu. Pemenang lelang telah didapatkan oleh akun @a atau Harry dengan harga 20 ethereum.

Nantinya, Harry akan memiliki bukti kepemilikan berupa sertifikat digital yang tertulis yang biasa disebut non fungible token (NFT). Bukti ini akan ditampilkan di data blockchain sebagai pemilik meme 'Bad Luck Brian'.

Sebagai informasi, blockchain adalah semacam buku besar digital yang mirip dengan jaringan yang mendukung bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Namun, tidak seperti kebanyakan mata uang, pengguna tidak bisa menukar satu NFT dengan dolar atau aset lainnya. Setiap NFT unik dan hanya disimpan sebagai koleksi yang tidak dapat diduplikasi sehingga sangat mahal dan langka.

Lelang meme dengan NFT ini sedang menjadi tren saat ini. Sebelumnya meme 'Nyan Cat' juga terjual seharga 600.000 dolar AS atau Rp 8,6 miliar. Sedangkan terbaru ada tweet pertama CEO Twitter Jack Dorsey yang berhasil dilelang dengan harga 2,5 juta dolar AS atau Rp 36 miliar.

Baca Juga: Viral Meme Kasta Hierarki Kerajaan di Twitter, Ternyata Ini Asal Usulnya

Komentar