alexametrics

Rumus Keliling Lingkaran: Cara Menghitung dan Contohnya

Rifan Aditya
Rumus Keliling Lingkaran: Cara Menghitung dan Contohnya
Ilustrasi Bangun Datar, persegi, segitiga, persegi panjang, lingkaran - Rumus Keliling Lingkaran: Cara Menghitung dan Contohnya

Salah satu materi dalam belajar matematika adalah rumus bangun datar, termasuk lingkaran. Bagaimana rumus keliling lingkaran? Simak contoh soalnya berikut.

Suara.com - Salah satu materi dalam belajar matematika adalah rumus bangun datar, termasuk lingkaran. Bagaimana rumus keliling lingkaran?

Lingkaran menjadi salah satu bangun datar yang sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bentuknya sudah tidak asing lagi. Nah, sekarang saatnya kamu mengenal lingkaran, mengenai definisinya, rumus keliling lingkaran, dan juga contoh soal yang bisa membantu kamu untuk bisa lebih memahami hal ini. Yuk, langsung simak artikel ini sampai habis! 

Definisi Lingkaran

Lingkaran merupakan sebuah bangun datar di mana semua titik pada lingkaran memiliki jarak tertentu yang sama dari titik pusatnya. Jarak antara titik manapun pada lingkaran dengan titik pusat disebut dengan istilah jari-jari. Ada beberapa bagian dari lingkaran, yaitu:

Baca Juga: Rumus Volume Balok dan Contoh Soalnya

  1. Titik Pusat (O), adalah titik tengah dari lingkaran, di mana jarak titik tersebut dengan titik manapun pada lingkaran selalu tetap. 
  2. Jari-Jari (r), adalah garis lurus yang menghubungkan titik pusat dengan titik pada lingkaran. Jari-jari ini merupakan jarak antara titik pusat dengan titik pada lingkaran.
  3. Tali Busur, yaitu garis lurus dalam lingkaran yang memotong lingkaran pada dua titik yang berbeda.
  4. Busur, yaitu garis lengkung pada lingkaran. 
  5. Keliling Lingkaran, adalah busur terpanjang pada lingkaran.
  6. Diameter (2r), yaitu tali busur terpanjang yang melalui titik pusat disebut diameter. Panjang diameter merupakan dua kali dari jari-jarinya, di mana diameter ini membagi lingkaran dua bagian yang sama luasnya.
  7. Apotema, yaitu garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.
  8. Juring, yaitu daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh busur dan dua buah jari-jari.
  9. Tembereng, merupakan daerah di lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur dengan tali busurnya.

Rumus Keliling Lingkaran

Menghitung keliling lingkaran sebenarnya tidaklah sulit. Untuk menghitung keliling dari lingkaran, setidaknya ada dua cara yang bisa kamu gunakan. Yaitu, jika diketahui jari-jari (r), atau jika diketahui diameter (d atau 2r). Rumus keduanya adalah seperti berikut ini:

  • Jika diketahui jari-jari, maka rumusnya adalah K = 2 x π x r
  • Jika diketahui diameter, maka rumusnya adalah K = π x d

Keterangan:

π = phi (3,14 atau 22/7)

r = jari-jari lingkaran

Baca Juga: Rumus Volume Tabung dan Cara Menghitungnya

d = diameter lingkaran

Komentar