alexametrics

Perlu Dibaca! Cara Mencegah Overheating di Smartphone

Dythia Novianty
Perlu Dibaca! Cara Mencegah Overheating di Smartphone
Ilustrasi ponsel panas. [Shutterstock]

Tidak jarang ponsel pintar menjadi panas karena pemakaian yang tiada henti.

Suara.com - Semakin seringnya kita mengandalkan smartphone, sulit lepas saat bepergian dan tidak jarang ponsel pintar menjadi panas karena pemakaian yang tiada henti. Untuk mencegahnya, kamu dapat mengikuti tips sederhana berikut ini:

1. Istirahatkan smartphone

Ucapkan selamat tinggal untuk sementara pada laman media sosialmu dan biarkan ponsel beristirahat. Cara ini setidaknya bisa mendinginkan ponsel, karena cahaya lampu di layar tidak menyala.

2. Simpan di tempat teduh

Baca Juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Oppo Reno5 F

Hindari menaruh ponsel di bawah sinar matahari langsung, terutama pada siang hari yang sangat panas. Smartphone rentan terhadap cuaca dan akan mati secara otomatis setelah suhu internal mencapai titik tertentu.

3. Turunkan tingkat kecerahan layar

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar telepon, maka semakin banyak pula kapasitas daya baterai yang diperlukan. Hal ini berimbas pada penggunaan energi yang besar sehingga menyebabkan panas di bodi ponsel.

Oppo Reno5 F. [Screenshot/Dicky Prastya]
Oppo Reno5 F. [Screenshot/Dicky Prastya]

4. Tutup aplikasi game

Membuka aplikasi mobile game biasanya menguras lebih banyak daya baterai. Jika aktivitas ini dilakukan dalam waktu lama maka mungkin saja menyebabkan kinerja prosesor ponsel menjadi berat dan panas.

Baca Juga: Spesifikasi Oppo Reno5 F yang Masuk Indonesia Pekan Depan

Namun, ada beberapa smartphone yang sudah dilengkapi teknologi Multi-Cooling System, seperti Oppo Reno5 F. Kamu tidak perlu khawatir lagi ponsel akan mudah mengalami panas.
Teknologi pendingin ini mampu meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30 persen akibat penggunaan aplikasi berat dalam waktu lama.

Komentar