alexametrics

Cari Sukarelawan Diinfeksi Ulang Covid-19, Ilmuwan Tawarkan Rp 101 Juta

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Cari Sukarelawan Diinfeksi Ulang Covid-19, Ilmuwan Tawarkan Rp 101 Juta
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

Para ilmuwan di Inggris sedang mencari sukarelawan yang pernah terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Suara.com - Para ilmuwan di Inggris sedang mencari sukarelawan yang pernah terinfeksi virus Corona (Covid-19), untuk diinfeksi ulang dengan virus Corona baru sebagai bagian dari studi tantangan.

Tujuan dari studi ini adalah memahami respons kekebalan seperti apa yang diperlukan untuk melindungi diri dari infeksi ulang Covid-19.

Menurut pernyataan dari University of Oxford, penelitian tersebut telah mendapat persetujuan untuk melakukan uji coba.

"Jika kami dapat memahami seperti apa respons kekebalan yang diperlukan untuk perlindungan terhadap infeksi ulang, maka kami dapat mengetahui jika seseorang terinfeksi ulang secara alamai apakah mereka dilindungi atau tidak," kata Dr. Helen McShane, profesor vaksinologi di University of Oxford.

Baca Juga: Teliti Antibodi, Inggris Suntik Penyintas COVID-19 dengan Virus Corona

Untuk studi baru ini, para peneliti merekrut orang berusia 18 hingga 30 tahun yang pernah terinfeksi Covid-19, setidaknya tiga bulan sebelum mengikuti penelitian dan memiliki antibodi terhadap virus Corona.

Studi ini akan memiliki dua tahap. Fase pertama akan melibatkan 24 relawan yang akan dipaparkan dengan dosis terendah Covid-19, dapat menyebabkan infeksi dan melihat apakah itu menimbulkan sedikit atau tidak gejala pada relawan.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

"Kami mulai dengan jumlah virus yang sangat, sangat kecil, dan memastikan bahwa itu aman. Kemudian meningkatkan dosis jika perlu," tambah McShane, dikutip dari Live Science, Selasa (20/4/2021).

Target para ahli adalah membuat 50 persen dari sukarelawan terinfeksi, namun dengan penyakit yang ringan.

Fase kedua akan melibatkan 10 hingga 40 sukarelawan lainnya. Mereka akan menerima dosis yang telah ditentukan pada fase pertama.

Baca Juga: Begini Cara Unik Ilmuwan Selidiki Atmosfer Planet Asing

Para peneliti berharap untuk mempelajari tingkat antibodi, sel T, dan komponen sistem kekebalan lainnya yang melindungi dari infeksi ulang.

Komentar