alexametrics

Donald Trump Luncurkan Media Sosial Sendiri, Tapi Cuma Blog

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Donald Trump Luncurkan Media Sosial Sendiri, Tapi Cuma Blog
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. [AFP/Mandel Ngan]

Media sosial Donald Trump tak lain adalah blog WordPress.

Suara.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump akhirnya resmi meluncurkan media sosial buatan sendiri. Hal ini merupakan upaya Trump untuk kembali ke media sosial setelah diblokir di beberapa platform.

Media sosial tersebut bisa dilihat di https://www.donaldjtrump.com/desk. Jika diperhatikan, media sosial tandingan versi Trump ini pada dasarnya adalah blog Wordpress.

Kemudian, tampilan media sosial tersebut juga disusun mirip dengan Twitter. Di section 'desk' terlihat beberapa cuitan Trump yang bisa disukai (like) ataupun dibagikan (share) ke Facebook atau Twitter.

Di fitur share, status Trump memang bisa dibagikan ke media sosial Twitter dan Instagram. Namun untuk fitur like memang bisa diklik, namun hanya menampilkan perubahan warna dari biru ke merah, tidak menampilkan jumlah like seperti Facebook atau Twitter.

Baca Juga: Nasib Donald Trump di Facebook Ditentukan Minggu Ini

Sayangnya, media sosial versi Trump malah tidak menampilkan opsi interaksi. Pengunjung situs tidak bisa meninggalkan komentar di sana, hanya sekadar membagikan status Trump ke media sosial lain.

Seperti blog biasa, media sosial versi Trump juga memiliki fitur subscription atau berlangganan dari status terbarunya. Mereka bisa mengisi nama, email, dan nomor ponsel untuk mendapatkan kabar terbaru Trump.

Selain itu, media sosial buatan Trump juga menyediakan toko yang menjual aksesoris. Beberapa barang yang ditampilkan seperti baju, topi, mug, hingga bendera. Barang tersebut juga memiliki beberapa jargon yang sering dilontarkan Trump seperti "Save America" atau "Make America Great Again".

Fitur lainnya yang juga diberikan adalah fitur untuk donasi yang ditujukan sebagai cara kontribusi. Pengunjung situs bisa memilih opsi untuk melakukan donasi, mulai dari 50 dolar AS atau yang tertinggi 5.000 dolar AS. Namun mereka juga bisa memasukkan nominal angka sesuai keinginan.

Mengutip The Verge, Rabu (5/5/2021), platform tersebut tampaknya dibangun oleh Campaign Nucleus, sebuah perusahaan layanan digital yang didirikan oleh mantan manajer kampanye Trump, Brad Parscale.

Baca Juga: Facebook Tunda Keputusan soal Nasib Akun Donald Trump

Meskipun platform tersebut baru diluncurkan pada Selasa kemarin, namun ada postingan yang dibuat sejak 24 Maret. Unggahan terbaru Trump menampilkan sebuah video yang mengiklankan situs tersebut. Ia menyebut platform buatannya adalah tempat untuk berbicara dengan bebas dan aman.

Komentar