alexametrics

Surat Albert Einstein 1949 Ditemukan, Prediksi Indra Super Hewan

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Surat Albert Einstein 1949 Ditemukan, Prediksi Indra Super Hewan
Albert Einstein. [Jackie Ramirez/Pixabay]

Surat Albert Einstein yang dikirim untuk penggemarnya pada 1949 ditemukan.

Suara.com - Surat Albert Einstein yang dikirim untuk penggemarnya pada 1949 ditemukan. Dalam surat tersebut, ilmuwan ternama ini membahas kemungkinan penemuan indra super hewan.

Surat yang telah lama hilang dari Einstein kepada seorang insinyur yang bertanya tersebut, rupanya berisi sesuatu yang luar biasa dalam bidang biologi dan fisika.

Pertanyaan asli dari insinyur Glyn Davys, yang memulai surat tersebut telah hilang, tetapi dilihat dari jawaban Einstein, pertanyaan Davys berkaitan dengan persepsi hewan.

"Sangat mungkin bahwa penyelidikan perilaku burung migran dan merpati pos suatu hari nanti dapat mengarah pada pemahaman tentang beberapa proses fisik yang belum diketahui," tulis Einstein.

Baca Juga: Temuan Teknologi Manusia Digital, Ilmuwan Hidupkan Albert Einstein

Lebih dari 70 tahun kemudian, prediksi Einstein terbukti benar. Bukti saat ini menunjukkan bahwa burung dapat merasakan medan magnet Bumi, menggunakan fotoreseptor khusus pada mata yang sensitif terhadap pergeseran halus medan magnet planet.

Kemampuan ini yang memungkinkan burung bermigrasi ribuan kilometer tanpa tersesat.

Surat Albert Einstein. [Journal of Comparative Physiology A]
Surat Albert Einstein. [Journal of Comparative Physiology A]

Hewan lain, seperti penyu, anjing, dan lebah uga menunjukkan kemampuan luar biasa untuk merasakan medan magnet Bumi, meski tidak harus melalui mata.

"Sungguh menakjubkan bahwa Einstein memahami kemungkinan ini, beberapa dekade sebelum bukti ditemukan," tulis para ilmuwan di The Hebrew University of Jerusalem, tempat surat itu baru-baru ini disumbangkan.

Rupanya, Davys sendiri adalah peneliti di bidang tersebut, yang mungkin menjadi alasan mengapa ia tertarik pada indra hewan, seperti yang ditunjukkan oleh lebah.

Baca Juga: Albert Einstein Hidup Kembali, Bisa Ngobrol dan Jawab Pertanyaan

Surat balasannya lebih pendek, tetapi menegaskan Einstein juga terpesona oleh perilaku lebah.

Komentar