alexametrics

Hubble Temukan Galaksi Misterius, Punya Lubang Hitam Tersembunyi

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Hubble Temukan Galaksi Misterius, Punya Lubang Hitam Tersembunyi
Ilustrasi lubang hitam. [Shutterstock]

Disebut galaxy NGC 3254, itu merupakan "galaksi Seyfert".

Suara.com - Teleskop Luar Angkasa Hubble mengambil gambar galaksi spiral misterius yang menyembunyikan lubang hitam supermasif di pusatnya.

Disebut galaxy NGC 3254, itu merupakan "galaksi Seyfert" berisi kumpulan planet dan bintang yang ditentukan oleh pusatnya yang sangat aktif, dan terletak sekitar 118 juta tahun cahaya dari Bumi.

Lubang hitam yang terletak pada inti galaksi itu memiliki kekuatan gravitasi besar dan dapat menarik gas, debu, bintang, hingga planet.

Para ilmuwan mengumpulkan gambar ini menggunakan komposit cahaya dari berbagai bagian spektrum.

Baca Juga: Siap ke Bulan, NASA Pindahkan Megaroket SLS Baru untuk Peluncuran

Menggunakan Wide Field Camera 3 (WFC3) Hubble, para ilmuwan dapat menangkap alam semesta dalam cahaya ultraviolet, cahaya tampak, dan inframerah-dekat.

Fenomena galaksi ini relatif jarang terjadi karena galaksi Seyfert hanya mencakup sepuluh persen dari semua galaksi di alam semesta yang diketahui.

Galaxy NGC 3254. [NASA]
Galaxy NGC 3254. [NASA]

Sayangnya, tidak banyak informasi yang dapat diperoleh tentang galaksi tersebut.

Dilansir dari Independent, Selasa (23/6/2021), beruntung para ahli dapat melihat gambar galaksi tersebut karena Hubble mengalami masalah dengan komputer utamanya.

NASA harus memulai ulang teleskop tersebut setelah kesalahan komputer membuat teleskop dan semua instrumen ilmiahnya ke mode aman.

Baca Juga: Waduh! NASA Ungkap Panas Bumi Berlipat Ganda

Hubble sendiri disebut akan segera digantikan oleh James Webb Space Telescope (JWST) yang dijadwalkan akan diluncurkan pada 31 Oktober mendatang.

Komentar