alexametrics

Trik Foto Portrait Gunakan HP Demi Hasil Terbaik

Liberty Jemadu
Trik Foto Portrait Gunakan HP Demi Hasil Terbaik
Ilustrasi pria selfie. (Pixabay/Serendipityna)

Setidaknya ada empat teknik foto portrait yang saat ini dikenal.

Suara.com - Fotografi portrait adalah teknik fotografi yang menangkap gambar orang sebagai subjek foto secara dekat atau dengan latar belakang blur atau berbeda. Namun portrait juga sering digunakan saat ini untuk berbagai macam gaya.

Berikut adalah berbagai jenis dan trik pengambilan fotografi portrait, dikutip dari siaran resmi Oppo, Kamis (1/7/2021):

  • Self Portrait
  • Portrait Tradisional
  • Portrait Candid
  • Portrait Grup

Self Portrait
Ini adalah salah satu jenis fotografi yang paling sederhana karena hanya melibatkan satu orang yakni si pemotret. Teknik ini sekarang lebih dikenal dengan nama swafoto (selfie).

Bagi seorang fotografer pemula, teknik self portrait bisa menjadi salah satu cara untuk belajar fotografi secara otodidak, bahkan dengan gawai ponsel pintar. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan tripod untuk menghilangkan tampilan swafoto dan lengan yang diperpanjang. Gunakan timer pada ponsel agar Anda bisa lebih kreatif menghasilkan foto.

Baca Juga: Melihat Desain Oppo Reno6 yang Segera Hadir di Indonesia

Portrait Tradisional
Portrait tradisional sering kali menggambarkan subjek yang melihat ke arah kamera atau berpose. Seringkali, portrait tradisional dilakukan di studio dengan latar belakang/background yang formal. Genre ini cenderung menyukai komposisi portrait yang paling tradisional.

Jenis fotografi portrait ini umumnya hanya mencakup kepala dan bahu subjek, meskipun ini bukan aturan yang mutlak. Fotografer biasanya akan memilih background berwarna solid, dan penekanan foto terutama pada wajah subjek. Kombinasi lampu studio dan background yang sederhana akan menyempurnakan subjek fotografi sehingga terlihat menawan.

Portrait Candid
Portrait candid adalah hasil tangkapan foto yang tidak direncanakan. Berbeda dengan portrait tradisional, contoh terbaik dari genre portrait ini adalah fotografi di jalanan yang menampilkan orang–orang (human interest).

Jenis fotografi portrait ini berupaya menangkap momen asli dari orang-orang yang berkegiatan di ruang terbuka. Untuk dapat menghasilkan foto candid terbaik, fotografer seringkali harus berbaur di kerumunan dan memotret subjek yang menarik. Momen-momen unik muncul spontan dan tak terduga sehingga seorang fotografer perlu membawa kamera sedekat mungkin dengan jangkauan tangannya.

Portrait Grup
Portrait tidak sebatas pada subjek satu orang saja. Foto dengan pasangan, keluarga dan kelompok bermain juga merupakan jenis fotografi yang bisa diambil secara portrait.

Baca Juga: Kasus Jual Beli Selfie KTB, OJK dan Polisi Diminta Serius Berantas Pinjol Ilegal

Foto dengan subjek lebih dari satu orang seringkali lebih sulit dilakukan daripada portrait seorang diri. Apabila Anda ingin memotret grup maka tunggu sampai semua subjek terlihat gayanya lebih natural dan menampilkan senyum atau tertawa lepas. [Antara]

Komentar