alexametrics

Google Lens Akan Hadir di Chrome versi PC, Ini Cara Menggunakannya

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Google Lens Akan Hadir di Chrome versi PC, Ini Cara Menggunakannya
Ilustrasi Google Lens (Shutterstock)

Google juga akan menampilkan sumber foto pertama yang sudah tertaut di Wikipedia.

Suara.com - Google akhirnya membuat pencarian gambar menjadi lebih mudah dengan memperbarui aplikasi Chrome versi desktop/PC. Dalam versi terbaru, Google akan menambah fitur Google Lens untuk peramban Chrome versi komputer.

Sebagaimana dilaporkan 9to5Google, Minggu (25/7/2021), Google Lens akan menggantikan opsi klik kanan di Chrome yang berisi pilihan "Search Google for Image", yang sebelumnya difungsikan untuk mencari gambar dari pencarian Google.

Di versi terbaru, Chrome akan menampilkan opsi "Search image in with Google Lens". Jika dipilih, pengguna akan dibawa ke situs web baru lens.google.com/search.

Google Lens di Chrome versi PC [9to5 Google].
Google Lens di Chrome versi PC [9to5 Google].

Nantinya, situs ini akan menampilkan gambar yang dicari di kolom sebelah kiri. Sementara kolom bagian kanan akan memperlihatkan situs web yang berisi foto tersebut.

Baca Juga: Chrome untuk Android Akan Permudah Pengelolaan Izin Situs

Google juga akan menampilkan sumber foto pertama yang sudah tertaut di Wikipedia. Ini mirip dengan aplikasi Google Lens yang ada di versi smartphone.

Kemudian ada pula "Top Match" section dan grid "Similar images" and "Related content" dengan istilah pencarian lainnya. Google juga memberikan pilihan gambar untuk "Retry with Google Images".

Jika mau dilakukan secara manual atau tanpa klik kanan, Google juga memberikan pilihan 'upload' yang ada di sudut kanan atas dalam tampilan browser.

Pembaruan ini akan muncul di Chrome PC versi 92. Namun belum ada informasi apakah Google meluncurkannya langsung serentak atau bertahap ke beberapa pengguna tertentu.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Riwayat Pencarian Chrome di iPhone

Komentar