alexametrics

Ngga Ada Akhlak! Rendahkan Tukang Sapu Jalanan, Oknum Polisi Ini Tuai Kecaman Warganet

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ngga Ada Akhlak! Rendahkan Tukang Sapu Jalanan, Oknum Polisi Ini Tuai Kecaman Warganet
Ilustrasi tukang sapu jalanan. (Shutterstock)

Baru-baru ini, beredar video seorang oknum polisi terekam merendahkan profesi tukang sapu jalanan.

Suara.com - Baru-baru ini, beredar video seorang oknum polisi terekam merendahkan profesi tukang sapu jalanan.

Video tersebut diunggah melalui akun Instagram @lambe_turah pada 25 Juli dan menuai kecaman warganet.

Dalam video tersebut, tampak seorang lelaki mengenakan seragam polisi berdiri di depan kamera. Ia terdengar menyinggung tentang pendidikan.

"Mau online lah atau apalah, yang penting selesai pendidikan itu tak tenteng-tenteng sapu, sapu-sapu jalan. Pasukan kuning kah?" ucapnya dalam video tersebut.

Baca Juga: Begal Motor Wanita, Oknum Polisi Dikeroyok Hingga Babak Belur

Video itu pun viral di media sosial dan menarik perhatian warganet.

Tak sedikit pengguna media sosial mengecam sikap anggota polisi tersebut, yang dinilai merendahkan profesi tukang sapu jalanan.

Oknum polisi disebut menghina tukang sapu. [Instagram]
Oknum polisi disebut menghina tukang sapu. [Instagram]

Oknum tersebut juga disebut merasa berada di kelas sosial yang tinggi hanya karena telah bergabung dengan kepolisian.

Meski begitu, dalam video terpisah, oknum polisi dan orang yang merekam video tersebut mendapatkan sanksi dari atasannya.

Video yang juga diunggah oleh akun @lambe_turah tersebut memperlihatkan keduanya dihukum berguling berulang kali di lapangan di bawah terik Matahari.

Baca Juga: Komplotan Begal Modus Debt Collector Libatkan Oknum Polisi Diburu

Selain itu, keduanya juga terekam membuat ucapan permintaan maaf atas sikap arogan yang ditunjukkan dalam video sebelumnya.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 284.646 penayangan itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Harusnya yang kayak gini jadi polisi tidur aja," tulis akun @nisanf12.

Oknum polisi disebut menghina tukang sapu. [Instagram]
Oknum polisi disebut menghina tukang sapu. [Instagram]

"Guling-guling aja nih? Kenapa nggak dihukum suruh sedekah ke tukang sapu jalan aja sih?" komentar @anaazkiya_.

"Berseragam sih, berpendidikan sih, tapi kalau nggak punya etika dan sopan santun ya nggak ada gunanya," tambah @krisnaprnmynt.

Oknum polisi disebut menghina tukang sapu. [Instagram]
Oknum polisi disebut menghina tukang sapu. [Instagram]

"Janganlah merendahkan profesi seseorang, pak. Besok kalau di akhirat nggak diliat tuh pangkat-pangkatmu. Tapi amal dan perbuatan. Lagipula harusnya kita berterima kasih, kalau nggak ada bapak/ibu pasukan kuning yang bersih-bersih, jalanan sudah kotor nggak karuan. So, marilah kita saling menghargai profesi satu sama lain," ungkap @dewitriasmawarti.

"Suka aneh-aneh aja nih pulici," sahut @mzz_all.

Komentar