alexametrics

Helikopter NASA di Mars Capai Tonggak Sejarah, Berhasil Terbang 1,6 KM

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Helikopter NASA di Mars Capai Tonggak Sejarah, Berhasil Terbang 1,6 KM
Ingenuity, helikopter NASA berhasil terbang di Mars, pada Senin (19/4/2021). [AFP/NASA]

Helikopter NASA di Mars, Ingenuity, mencapai tonggak bersejarah.

Suara.com - Helikopter NASA di Mars, Ingenuity, mencapai tonggak bersejarah dengan berhasil terbang sejauh satu mil di permukaan Planet Merah.

Helikopter kecil itu melampaui jarak satu mil atau 1,6 km dari total jarak penerbangannya pada Sabtu (24/7/2021) ketika melayang di atas wilayah berbatu yang disebut Raised Ridges.

Itu merupakan penerbangan kesepuluh Ingenuity di Mars dan tertinggi sejauh ini. Penerbangan pertamanya dilakukan pada April.

"Dengan keberhasilan penerbangan helikopter Mars, kami melintasi jarak total satu mil yang diterbangkan hingga saat ini," tulis pejabat di Jet Propulsion Laboratory NASA, seperti dikutip dari Space.com, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Meteorit Langka Berusia 4,6 Miliar Tahun Ditemukan di Jejak Tapal Kuda

Penerbangan kesepuluh ini adalah yang paling menantang bagi Ingenuity, dengan 10 titik arah yang berbeda untuk dilintasi helikopter saat terbang di atas Raised Ridges.

Helikopter itu berhasil mencapai ketinggian maksimum 12 meter, sebuah rekor ketinggian baru, dan terbang sekitar 95 meter.

Jangkauan terbang Ingenuity mencapai 1 mil. [Instagram/NASAJPL]
Jangkauan terbang Ingenuity mencapai 1 mil. [Instagram/NASAJPL]

Mulai dari lepas landas hingga mendarat, seluruh penerbangan berlangsung selama 165,4 detik.

Selama penerbangan, Ingenuity diharapkan untuk mengambil serangkaian gambar, termasuk citra yang dapat membantu para ilmuwan membuat gambar stereo dari batuan Raised Ridges.

Batuan tersebut adalah area misi yang sedang dipertimbangkan oleh para ahli untuk mengirim penjelajah Perseverance ke sana.

Baca Juga: Tidak Ada Bukti Tanda Gas Terkait Jejak Kehidupan di Atmosfer Mars

"Kami akan mencitrakan Raised Ridges karena ini adalah area yang menurut para ilmuwan menarik dan sedang mempertimbangkan untuk dikunjungi Perseverance di masa depan," tambah NASA.

Komentar