alexametrics

WhatsApp Kembangkan Fitur Transfer Riwayat Chat dari iOS ke Android

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
WhatsApp Kembangkan Fitur Transfer Riwayat Chat dari iOS ke Android
Ilustrasi WhatsApp and Facebook. [Shutterstock]

Ditemukan oleh XDA Developers yang diumumkan peneliti WhatsApp, WABetaInfo.

Suara.com - WhatsApp dilaporkan tengah mengembangkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer riwayat chat dari iOS ke Android. Hal ini pertama kali ditemukan oleh XDA Developers yang diumumkan peneliti WhatsApp, WABetaInfo.

"Terima kasih @xdadevelopers untuk penemuan terbaru anda tentang aplikasi "Switch to Android" yang memindahkan riwayat chat WhatsApp dari iOS ke Android," kata WABetaInfo dalam twitternya, dikutip dari The Verge, Minggu (1/8/2021).

Fitur ini dapat memperbaiki salah satu kendala yang selama ini muncul di WhatsApp, di mana pengguna tidak bisa mentransfer cadangan pesan mereka antara iPhone dan Android.

Sebab selama ini riwayat obrolan hanya bisa dicadangkan untuk pengguna dengan sistem operasi yang sama. Fitur ini disebut sudah muncul sejak April kemarin.

Baca Juga: WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Chat Tanpa Blokir Kontak, Ini Caranya

Ilustrasi sistem operasi Android [Shutterstock].
Ilustrasi sistem operasi Android [Shutterstock].

Dalam screenshot yang dibagikan WABetaInfo, fitur ini memberikan opsi "Move chats to Android" di aplikasi WhatsApp iOS. Sedangkan screenshot kedua menunjukkan layar yang meminta pengguna untuk tetap membuka kunci iPhone mereka saat transfer data berlangsung.

Sejauh ini, fitur transfer riwayat chat ini masih muncul dalam versi iOS ke Android. Namun WABetaInfo melaporkan fitur untuk Android ke iOS kemungkinan juga akan dirilis.

Fitur baru ini kemungkinan dapat menjadi bagian dari aplikasi iOS "Switch to Android" baru yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini akan mirip dengan "Move to iOS" yang dikembangkan Apple untuk membantu pengguna pindah dari iOS ke Android.

Selain mentransfer riwayat obrolan antar platform, WABetaInfo juga melaporkan bahwa WhatsApp sedang mengembangkan cara untuk mentransfernya di antara nomor telepon yang berbeda. Namun masih belum jelas kapan salah satu fitur ini tersedia secara luas.

Baca Juga: Mulai September, Akun Google Tak Bisa Dipakai di Ponsel Gingerbread

Komentar