alexametrics

Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Lakukan dengan 3 Metode Mudah Ini

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Lakukan dengan 3 Metode Mudah Ini
Cara membuat tanda tangan di Word. Ilustrasi: Microsoft Word. (Pixabay/ Fatih)

Cara membuat tanda tangan di Word ternyata mudah banget.

Suara.com - Pola kerja zaman sekarang terutama ketika pandemi mengharuskan kita menggunakan dokumen digital. Berikut ini kami akan memberikan cara membuat tanda tangan di Word dengan beberapa metode mudah.

Membubuhkan tanda tangan di Microsoft Word dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara manual dan otomatis.

Kami akan memberikan terkait dua metode mudah secara manual dan satu metode otomatis yang disediakan oleh Microsoft Office.

Cara yang pertama adalah kita perlu memberikan tanda tangan di selembar kertas putih. Pastikan kertas benar-benar putih dan pulpen memiliki tinta warna hitam pekat.

Baca Juga: Ini Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Hal tersebut perlu dipenuhi mengingat nantinya foto atau file tersebut resolusinya bakal diperkecil. Tak hanya itu, saturasi warna yang dikustomisasi juga akan mengurangi ketebalan warna pulpen.

Cara membuat tanda tangan di Word. (HiTekno.com)
Cara membuat tanda tangan di Word. (HiTekno.com)

Jadi pastikan kalian memberikan tanda tangan dengan penekanan cukup kuat serta jelas. Berikut cara membuat tanda tangan di Word:

  1. Siapkan kertas putih dengan tanda tangan di atasnya. Foto menggunakan smartphone atau kalian dapat langsung memindai tanda tangan melalui scanner.
  2. Kalian dapat mengecilkan resolusi serta melakukan crop agar foto berfokus pada tanda tangan. Untuk mudahnya, klik file gambar > edit.
  3. Pada menu Paint, kalian dapat melakukan Resize untuk mengecilkan resolusi. Pilih resolusi 50 persen, isi Horizontal 50 dan Vertical 50. Ini dilakukan agar gambar tak terlalu besar apabila dimasukkan ke dalam Microsoft Word.
  4. Arahkan kursor tepat di posisi Word yang ingin dibubuhkan tanda tangan. Klik Insert > Picture > masukkan file gambar tanda tangan sebelumnya.
  5. Setelah gambar dimasukkan, perkecil ukuran lagi menggunakan kursor agar lebih presisi.
  6. Klik 2 kali pada gambar. Pada menu Format, pilih submenu Color > Recolor > Black and White 50 persen.
  7. Jika tanda tangan belum jelas, klik dua kali pada gambar, pilih menu Correction > Brightness 0 persen (Normal) Contrast 40 persen. Dua langkah terakhir bisa diubah-ubah tergantung kontras dan saturasi warna yang diinginkan.

Metode kedua adalah mengandalkan "pulpen virtual" di dalam Microsoft Word. Cara yang kedua ini cukup sederhana tetapi memiliki kekurangan tersendiri. Kalian harus benar-benar presisi dalam mengarahkan mouse mengingat mouse tak senyaman pulpen.

Arahkan kursor tepat di mana tanda tangan ingin dibubuhkan. Pergi ke menu Insert > Shapes > Line Section > pilih bentuk Line di pojok paling kanan (Scribble).

Setelah tanda tangan dibubuhkan menggunakan "pulpen virtual", kalian juga dapat melakukan kustomisasi terhadap ketebalan garis. Klik dua kali pada tanda tangan > Format > Shape Outline > Weight untuk mengatur ketebalan garis tanda tangan.

Baca Juga: Cara Hapus Garis Merah di Microsoft Word, Ini 4 Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Metode terakhir menggunakan template tanda tangan otomatis yang disediakan oleh Microsoft Office. Berikut cara membuat tanda tangan di Word dikutip dari laman resmi Microsoft:

Komentar