alexametrics

Kapsul Kargo SpaceX Tiba di ISS, Jadi Kado Ulang Tahun Spesial Astronot NASA

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Kapsul Kargo SpaceX Tiba di ISS, Jadi Kado Ulang Tahun Spesial Astronot NASA
Jelang peluncuran kargo SpaceX misi CRS-23. [Kennedyspacecenter]

Kapsul kargo Dragon terbaru SpaceX tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Suara.com - Kapsul kargo Dragon terbaru SpaceX tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), bertepatan dengan hari ulang tahun seorang astronot yang berada di ISS pada 30 Agustus lalu.

Kapal kargo tersebut diluncurkan untuk mengirim lengan robot eksperimental dan banyak peralatan serta perlengkapan penelitian lainnya.

"Selamat kepada tim NASA dan SpaceX, dan terima kasih. Tidak ada yang pernah mengirimi saya pesawat luar angkasa untuk ulang tahun saya sebelumnya. Itu hadiah ulang tahun yang paling bagus," kata Megan McArthur, astronot NASA yang berulang tahun ke-50.

Kapsul Dragon itu merapat dengan modul Harmony ISS pada pukul 10:30 pagi EDT, mengakhiri perjalanan orbit selama 32 jam. ISS dan Dragon melayang 425 km di atas Australia barat pada saat itu.

Baca Juga: Stasiun Luar Angkasa Retak, Bahayakan Astronot?

Dragon dilunucurkan menggunakan roket Falcon 9 SpaceX pada 29 Agustus, memulai misi pasokan robot ke-23 perusahaan untuk ISS.

Kapsul tersebut membawa lebih dari 2.200 kg persediaan dan eksperimen ilmiah, termasuk lengan robotik baru yang akan menjalani uji gayaberat mikro di ISS.

GITAI S1 Robotic Arm Tech Demo. [NASA]
GITAI S1 Robotic Arm Tech Demo. [NASA]

"Robot luar angkasa juga dapat mendukung tugas perbaikan, perakitan, dan manufaktur di orbit, menurunkan biaya tugas tersebut dan berkontribusi pada peningkatan aktivitas komersial di luar angkasa," ucap anggota tim eksperimen yang disebut GITAI S1 Robotic Arm Tech Demo.

Eksperimen lain akan menguji kinerja implan kecil pembawa obat dalam gayaberat mikro dan mengukur respons berbagai bahan terhadap lingkungan luar angkasa.

Dilansir dari Space.com, Rabu (1/9/2021), saat ini ada dua Dragon yang berlabuh di ISS, mencakup kapal kargo yang baru dan varian kapsul berawak yang membawa astronot NASA McArthur dan Shane Kimbrough serta astronot Jepang dan Badan Antariksa Eropa (ESA).

Baca Juga: SpaceX Luncurkan Semut hingga Monyet Laut ke Luar Angkasa

Para astronot tersebut dijadwalkan untuk kembali ke Bumi pada November, sementara dua astronot masing-masing dari NASA dan Rusia akan tetap berada di ISS untuk melanjutkan misi.

Komentar