alexametrics

Digugat Jeff Bezos, NASA Hnetikan Pekerjaan Pendarat Bulan dengan SpaceX

Dythia Novianty
Digugat Jeff Bezos, NASA Hnetikan Pekerjaan Pendarat Bulan dengan SpaceX
Logo NASA. [Shutterstock]

NASA lagi-lagi harus berhenti bekerja pada kemitraan pendarat bulan manusia dengan SpaceX karena gugatan dari Blue Origin.

Suara.com - NASA lagi-lagi harus berhenti bekerja pada kemitraan pendarat bulan manusia dengan SpaceX karena gugatan dari Blue Origin milik Jeff Bezos.

Pada pertengahan April, NASA mengumumkan bahwa SpaceX akan membangun Human Lander System (HLS), yang akan mengangkut astronot dari orbit bulan ke permukaan.

Ini adalah untuk misi Artemis 3 yang akan terbang pada 2024.

Sejak keputusan itu, NASA telah menghabiskan hanya minggu benar-benar bekerja pada kemitraan karena keberatan berulang dari Blue Origin, yang juga bersaing untuk kontrak.

Baca Juga: NASA Bersiap Kumpulkan Sampel Kedua di Mars

Setelah lembaga pemerintah independen menolak keluhan pertama Blue Origin tentang kontrak tersebut, perusahaan tersebut menggugat NASA di Pengadilan Klaim Federal.

Gugatan ini secara eksklusif mengadili kasus-kasus terhadap pemerintah AS, pada 13 Agustus lalu.

Roket Blue Origin. [Blue Origin]
Roket Blue Origin. [Blue Origin]

NASA sekarang setuju untuk menghentikan sementara proyek selama 2,5 bulan sebagai imbalan untuk menyelesaikan gugatan pada akhir jendela itu.

"NASA secara sukarela menghentikan pekerjaan dengan SpaceX untuk sistem pendaratan manusia (HLS) Opsi A kontrak efektif 19 Agustus hingga 1 November," tulis pejabat NASA dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email ke Space.com, Minggu (22/8/2021).

“Sebagai imbalan atas penghentian sementara pekerjaan ini, semua pihak menyetujui jadwal litigasi yang dipercepat yang berakhir pada 1 November," tambahnya.

Baca Juga: Gunakan Ide Publik untuk Misi Bulan, NASA Bagikan Hadiah Rp7,2 Miliar

Pejabat NASA terus bekerja dengan Departemen Kehakiman untuk meninjau rincian kasus dan menantikan resolusi yang tepat waktu.

Komentar