alexametrics

Telkomsel Sediakan Internet Tercepat, Smartfren Punya Jangkauan 4G Terluas

Liberty Jemadu | Dicky Prastya
Telkomsel Sediakan Internet Tercepat, Smartfren Punya Jangkauan 4G Terluas
Telkomsel masih menjadi operator dengan internet tercepat di Indonesia. Foto: Pengumuman logo Telkomsel secara virtual, Jumat (18/6/2021). [Telkomsel]

Telkomsel masih yang paling kencang di Indonesia, disusul oleh XL Axiata.

Suara.com - Telkomsel dinobatkan sebagai operator seluler dengan layanan internet tercepat di Indonesia, menurut data dari Speedtest, dikutip pada Selasa (7/9/2021).

Selama kuartal I dan II (Q1 dan Q2) atau semester pertama 2021, Telkomsel memiliki kecepatan median unduh tercepat dengan angka 15,64 Mbps. Sementara kecepatan unggahnya mencapai 10,55 Mbps.

Angka ini menjadikannya lebih unggul dari empat operator seluler lain di Indonesia seperti XL, Indosat Ooredoo, 3 (Tri Indonesia), dan Smartfren.

Posisi kedua ditempati dengan XL dengan kecepatan unduh 11,55 Mbps dan kecepatan unggah 9,47 Mbps. Peringkat tiga ada Indosat Ooredoo dengan kecepatan unduh 11,46 Mbps dan kecepatan unggah 8,32 Mbps.

Baca Juga: Kecepatan Internet Indonesia Nomor 2 Paling Lelet di ASEAN

Posisi empat ditempati 3 (Tri Indonesia) dengan kecepatan unduh 10,51 Mbps dan kecepatan unggah 8,25 Mbps. Sedangkan posisi terakhir ada Smartfren dengan kecepatan unduh 8,52 Mbps dan kecepatan unggah 1,71 Mbps.

Menurut Speedtest Consumer Sentiment, Telkomsel juga mempunyai Net Promoter Score (NPS) atau pengukuran kepuasan konsumen tertinggi dengan -12,52. 3 (Tri Indonesia) berada di peringkat kedua dengan -17,09.

Sedangkan posisi tiga, empat dan lima ditempati masing-masing oleh IM3 Ooredoo, XL, dan Smartfren.

Meski Smartfren terbawah dalam kecepatan internet, operator ini menjadi penyedia 4G terbanyak di Indonesia. Speedtest menunjukkan, Smartfren mencapai ketersediaan 4G tertinggi di angka 94,5 persen.

Peringkat kedua ada Indosat Ooredoo dengan 90,9 persen, diikuti dengan 3 (Tri Indonesia) 89,2 persen, XL 87,8 persen.

Baca Juga: Telkom Fokus ke Tiga Ranah untuk Bisnis Digital

Berkebalikan dengan ranking kecepatan internet seluler tertinggi, Telkomsel menempati peringkat paling bawah untuk penyediaan 4G dengan angka 87,3 persen.

Komentar