alexametrics

Pembeli COD Ini Ngamuk dan Rendahkan Kurir, Bikin Warganet Emosi

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Pembeli COD Ini Ngamuk dan Rendahkan Kurir, Bikin Warganet Emosi
Ilustrasi paket belanja online. (freepik)

Belakangan, banyak kasus di mana pembeli tidak ingin membayar barang yang dipesannya hanya karena tidak menyukai barang tersebut.

Suara.com - Sebagian besar platform marketplace saat ini menambahkan metode pembayaran COD, di mana pembeli akan membayar setelah barang diterima.

Belakangan, banyak kasus di mana pembeli tidak ingin membayar barang yang dipesannya hanya karena tidak menyukai barang tersebut.

Video yang viral belakangan ini, seorang pembeli terekam kamera tengah mengamuk kepada kurir. Bahkan, ia memaki kurir tersebut dan merendahkan pekerjaannya.

Diunggah kembali oleh akun Twitter @ardianpancaa pada 12 September, tampak lelaki berkaos putih berdiri di depan pagar rumahnya sambil membawa paket yang dipesannya.

Baca Juga: Sahabatnya Punya Suami Posesif, Begini Cara Kreatif Warganet Ajak Main Keluar

Ia tampak marah dan menunjuk ke arah kurir yang merekam kejadian tersebut.

Diketahui bahwa pembeli tersebut membeli barang dengan sistem COD.

Belanja online pakai COD, ngamuk ke kurir. [TikTok]
Belanja online pakai COD, ngamuk ke kurir. [TikTok]

Alih-alih langsung membayar, pembeli ingin membuka paketnya terlebih dahulu dan mengecek apakah ada kesalahan.

Jika barang yang dipesan tidak sesuai keinginannya, pembeli tersebut ingin sang kurir membawanya kembali tanpa membayar barang yang dipesannya.

Padahal, jika ada kesalahan mengenai ketidaksesuaian barang, hal itu adalah masalah penjual, bukan kurir yang bertugas hanya mengantar barang pesanan.

Baca Juga: Dosen Tak Pernah On Camera saat Kelas Online, Alasannya Bikin Sedih

Namun, pembeli ini tetap bersikeras ingin membuka paketnya terlebih dahulu. Bahkan, ia salah paham karena disangka ingin menyolong barang sebab tidak langsung membayarnya.

Meski kurir tersebut berusaha untuk menjelaskan, tetapi pembeli tersebut tetap mengamuk dan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas. Ia juga merendahkan profesi kurir.

"Heh, pakai otak kamu tau nggak. Saya mau nyolong? Rumah saya ada. Saya buka dulu, kalau ada apa-apa saya nggak ambil barangnya. Kamu bikin saya naik darah aja. Kamu jangan begitu, liat rumah orang di mana. Kalau saya di pinggir jalan, kamu boleh begitu," ucap pembeli dengan nada tinggi.

"Bukan begitu, pak. Soalnya SOPnya seperti itu," balas kurir tersebut, berusaha untuk menjelaskan.

"Mau SOP mau nggak, kamu pakai otak. SOP, SOP, t** kucing SOPnya. Kalau nggak sesuai saya balikin. Saya bukan orang bodoh, kamu pikir saya orang bodoh apa?" tambah pembeli yang masih naik pitam.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 1,1 juta penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 5.500 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar.

"COD kan emang begitu, Cash Or Duel wkwkw," tulis akun @pripayers.

Belanja online pakai COD, ngamuk ke kurir. [TikTok]
Belanja online pakai COD, ngamuk ke kurir. [TikTok]

"T** kucing, t** kucing. Ntar dibully minta maaf suruh stop bully saya, saya sudah tidak kuat, saya stress. T** kucing, emosi. Ku pikir daerahku yang pelosok tapi bapak yang pikirannya primitif," komentar @minumaan.

"Mending hapus aja sistem COD. Pernah punya bos hobi COD karena menghindari by transfer, jadi suka nitip kita-kita yang standby di kantor tapi uangnya suka kurang," tambah @hanie_negh.

"Biasanya nih ya yang selalu ngomong 'pake otak' justru dia yang nggak pernah pake otak. Dikasih tau ada SOPnya lebih galak dia. Mending dihapus aja tuh sistem COD. Atau nggak, sistem COD itu ada di akun tertentu, bukan default," cuit @mayhudaaa.

"Capek banget emang nanganin kasus COD gini, komplen dimana-mana," ungkap @NirvanaKevin.

Komentar