alexametrics

Mengenal Jenis-jenis Bilangan: Ada Bilangan Asli dan Cacah!

Rifan Aditya
Mengenal Jenis-jenis Bilangan: Ada Bilangan Asli dan Cacah!
Mengenal Jenis-jenis Bilangan: Ada Bilangan Asli dan Cacah!

Dalam matematika khususnya, sering dijumpai soal untuk menentukan mana angka yang merupakan bilangan asli dan mana angka yang merupakan bilangan cacah.

Suara.com - Bilangan adalah suatu konsep berupa angka yang digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari manusia. Dalam matematika khususnya, sering dijumpai soal untuk menentukan mana angka yang merupakan bilangan asli dan mana angka yang merupakan bilangan cacah.

Terkait perbedaan bilangan asli dan bilangan cacah akan kalian ketahui dalam penjelasan berikut. Maka dari itu simak jenis-jenis bilangan di bawah ini. 

1. Bilangan nol

Yaitu bilangan yang berarti kosong atau tidak ada objek apapun. Bilangan nol ini dilambangkan dengan angka 0. Bilangan nol adalah angka yang istimewa, karena semua bilangan yang dikalikan dengan nol, akan menghasilkan nol.

Baca Juga: Rumus Luas Layang-layang dan Cara Menghitungnya

Melansir laman Wolfram MathWorld, pembagi dan fungsi pembagi nol dianggap tidak terdefinisi. Sehingga semua bilangan yang dibagi dengan bilangan nol, nilainya tidak akan terdefinisi.

2. Bilangan bulat

Yaitu bilangan yang terdiri dari bilangan positif, bilangan negatif, dan juga bilangan nol. Operasi matematika yang sering digunakan, merupakan variasi dari bilangan bulat ini.

Setiap bilangan bulat memiliki lawannya sendiri, misalnya bilangan 10 memiliki lawan -10, dan sebagainya. Bilangan bulat ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu bilangan bulat genap dan bilangan bulat ganjil. Bilangan bulat genap adalah bilangan yang bisa dibagi dua.

Contoh bilangan bulat genap yaitu -10, -8, -6, -4, -2, 0, 2, 4, 6, 8, 10. Sedangkan bilangan bulat ganjil adalah bilangan yang tidak bisa dibagi dua, atau saat dibagi dua akan bersisa. Contohnya adalah -9, -7, -5, -3, -1, 1, 3, 5, 7, dan 9.

Baca Juga: Bilangan Asli: Pengertian, Sejarah, dan Contohnya

3.  Bilangan asli

Komentar