alexametrics

Persiapan Pesawat Ruang Angkasa DART NASA, Misi Pertahanan Asteroid Pertama

Dythia Novianty
Persiapan Pesawat Ruang Angkasa DART NASA, Misi Pertahanan Asteroid Pertama
Pesawat luar angkasa NASA, DART. [ESA/Dart]

NASA kurang dari satu bulan lagi bersiap meluncurkan misi pembelokan asteroid pertama umat manusia, dikenal sebagai DART.

Suara.com - NASA kurang dari satu bulan lagi bersiap meluncurkan misi pembelokan asteroid pertama umat manusia, dikenal sebagai DART, kependekan dari "Double Asteroid Redirection Test."

DART adalah pesawat luar angkasa yang akan diluncurkan pada akhir November dengan tujuan membelokkan asteroid.

Pesawat itu akan menabrak asteroid secara langsung dalam upaya untuk memindahkannya ke jalur yang sedikit berbeda.

Sementara asteroid yang menjadi target tidak menimbulkan risiko berdampak pada Bumi, ini akan menjadi tes penting pertama dari jenis teknologi semacam ini.

Baca Juga: Asteroid Lebih Besar dari Piramida Giza Lintasi Bumi Oktober dan November

"Misi DART adalah demonstrasi kemampuan untuk menanggapi potensi ancaman dampak asteroid, jika pernah ditemukan," tulis tim di belakang DART dalam ringkasan misi.

Menjelang penerbangannya, DART tiba pada 2 Oktober di pemberhentian terakhirnya di Bumi: Vandenberg Space Force Base di California.

Pesawat luar angkasa NASA, DART. [NASA]
Pesawat luar angkasa NASA, DART. [NASA]

DART akan diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon 9 pada 02:20 ET (0620 GMT) pada 23 November dari Space Launch Complex 4 East (SLC-4E) Vandenberg.

DART meninggalkan rumah sebelumnya di Laboratorium Fisika Terapan Johns Hopkins (APL) di Maryland dan, diikat ke tempat tidur truk semi-trailer, berjalan melintasi negeri.

"Meskipun hanya beberapa hari perjalanan, ini merupakan perjalanan yang akan datang," kata Elena Adams, insinyur sistem misi DART dari APL.

Baca Juga: 7 Asteroid akan Melewati Bumi, Salah Satunya Sebesar Gedung Empire State

Setelah tiba di California, DART telah melalui tes dan pemeriksaan pra-peluncuran akhir serta pengisian bahan bakar untuk penerbangan, menurut pernyataan itu.

Komentar