alexametrics

Burung Condor Bisa Bertelur Tanpa Kawin

Liberty Jemadu
Burung Condor Bisa Bertelur Tanpa Kawin
Ilustrasi Burung Condor yang bisa bertelur tanpa kawin, fenomena yang dikenal sebagai reproduksi aseksual. (Pixabay/ jmarti20)

Burung condor California bisa bertelur tanpa kawin dengan jantan.

Suara.com - Burung condor California di Amerika Serikat rupanya bisa bereproduksi tanpa kawin - sebuah fenomena yang juga disebut reproduksi aseksual atau parthenogenesis - demikian hasil sebuah studi yang digelar di Kebun Binatang San Diego Zoo Wildlife Alliance seperti dilansir dari Reuters, Rabu (3/11/2021).

Dalam analisis rutin terhadap sampel biologis dari burung-burung kondor di kabun binatang tersebut, diketahui bahwa ada dua anak burung condor yang menetas dari telur yang tidak dibuahi oleh pejantan.

"Ini sangat mengejutkan. Kami tidak pernah mengira akan mendapati hasil seperti ini," kata Cynthia Steiner, salah satu petinggi Binatang San Diego Zoo Wildlife Alliance.

Temuan itu kemudian ditulis sebagai studi dalam Journal of Heredity oleh Steiner dkk dan diterbitkan pekan lalu.

Baca Juga: Spora Adalah Struktur Reproduksi, Simak Proses dan Jenisnya Berikut

Dari hasil analisis, kedua ekor anak condor itu secara genetika berhubungan dengan induknya. Tetapi tidak satu pun dari dua anak burung itu yang memiliki hubungan genetika dengan burung jantan.

Dua anak burung itu, demikian diklaim kebun binatang tersebut, adalah bukti pertama adanya reproduksi aseksual atau parthenogenesis pada spesies burung condor California.

"Ini adalah temuan yang sangat jarang, bahkan di dunia burung sekalipun. Di spesies lain fenomena seperti ini diketahui ada, semisal di reptil dan ikan. Tetapi pada burung ini sangat jarang," kata Steiner.

Steiner juga mengatakan perilaku burung condor betina yang bertelur tanpa dibuahi jantan itu juga unik, karena ia terus menerus dikurung di dalam kandang bersama seekor burung condor jantan yang siap kawin. Burung betina itu juga sebelumnya pernah bertelur lewat cara seksual.

Condor California adalah salah satu spesies paling langka dan terancam punah di dunia. Saat ini jumlahnya di Bumi hanya sekitar 500 ekor. Dari jumlah itu, sebanyak 200 ekor berada dalam penangkaran.

Baca Juga: Posting Burung Langka Hasil Buruan di Medsos, Pemuda di Bener Meriah Ditangkap

Komentar