alexametrics

Alarm! Ancaman Asteroid Bagi Kehidupan di Bumi Butuh Rencana Canggih

Dythia Novianty
Alarm! Ancaman Asteroid Bagi Kehidupan di Bumi Butuh Rencana Canggih
Ilustras asteroid menghantam Bumi. [Shutterstock]

Para ahli membunyikan alarm tentang ancaman asteroid terhadap kehidupan di Bumi.

Suara.com - Para ahli membunyikan alarm tentang ancaman asteroid terhadap kehidupan di Bumi dan memperingatkan bahwa Amerika Serikat (AS) tidak memiliki rencana yang jelas untuk mencegah bencana.

Meskipun NASA mengatakan, kemungkinannya benar-benar satu dalam satu milenium, tidak ada lembaga AS yang secara eksplisit bertanggung jawab jika batu ruang angkasa menuju ke arah kita.

“Tidak ada yang ditugaskan untuk melakukan mitigasi,” kata mantan ahli strategi luar angkasa Angkatan Udara Peter Garretson, seorang ahli pertahanan planet kepada Politico.

"Ada tiga juta asteroid dan kami tidak tahu di mana mereka berada dan mereka terbang di sekitar kita," Danica Remy, presiden Yayasan B612.

Baca Juga: NASA Siap Uji Laser Baru Percepat Komunikasi Antariksa

Masalah ini muncul kembali ketika NASA merencanakan misi pertama untuk menguji apakah ia dapat menyesuaikan lintasan asteroid yang berpotensi menghancurkan.

Badan tersebut berencana untuk melemparkan roket yang melaju dengan kecepatan 16.000 mil per jam ke asteroid Dimorphos.

Ilustrasi pesawat ruang angkasa DART NASA dan LCIACube Badan Antariksa Italia (ASI) sebelum menabrak sistem biner Didymos.
Ilustrasi pesawat ruang angkasa DART NASA dan LCIACube Badan Antariksa Italia (ASI) sebelum menabrak sistem biner Didymos.

Tes Pengalihan Asteroid Ganda dijadwalkan beberapa saat setelah 24 November mendatang.

NASA telah menekankan bahwa sistem asteroid tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi dan digunakan murni sebagai tempat pengujian.

Dilansir laman New York Post, Minggu (21/11/2021), DART bukan ancaman bagi Bumi.

Baca Juga: Cetak Sejarah! Ini Astronot NASA Perempuan Berkulit Hitam Pertama akan Bergabung ke ISS

Sistem asteroid ini adalah tempat pengujian yang sempurna untuk melihat apakah dengan sengaja menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid adalah cara yang efektif untuk mengubah arahnya, jika asteroid yang mengancam Bumi ditemukan di masa depan.

Komentar