alexametrics

5 Kelompok Hewan yang Bernapas dengan Paru-paru

Rifan Aditya
5 Kelompok Hewan yang Bernapas dengan Paru-paru
5 Kelompok Hewan yang Bernapas dengan Paru-paru - Ilustrasi buaya. (Pixabay/gayulo)

Berikut kelompok hewan yang bernapas dengan paru-paru.

Suara.com - Sistem pernapasan setiap makhluk disesuaikan dengan kebutuhan oksigennya sendiri, beberapa memiliki paru-paru dan beberapa tidak. Apa sajakah hewan yang bernapas dengan paru-paru?

Amfibi, misalnya, memiliki paru-paru yang belum sempurna karena mereka cenderung memiliki kebutuhan oksigen yang rendah. Sedangkan burung, yang membutuhkan banyak oksigen untuk terbang, memiliki struktur paru-paru yang lebih rumit.

Tak hanya manusia yang bernapas dengan paru-paru. Ada sejumlah hewan yang juga memiliki alat pernapasan serupa. Melansir dari Animal Mom berikut kelompok hewan yang bernapas dengan paru-paru.

Paru-paru Amfibi

Baca Juga: Bagaimana Lumba-lumba Bernapas? Berikut Penjelasan Sistem Pernapasannya

Kebanyakan amfibi memulai kehidupan di air, menggunakan insang untuk bernafas dan berudu benar-benar menggunakan sirip ekornya. Dalam kebanyakan kasus, saat mereka tumbuh, insang mereka memburuk dan paru-paru mereka berkembang. Struktur paru-paru bervariasi bahkan di antara amfibi, tetapi seringkali paru-paru mereka pada dasarnya adalah kantung kosong.

Beberapa amfibi memiliki paru-paru dengan alveoli, struktur seperti balon kecil yang pada banyak spesies mentransfer oksigen antara paru-paru dan aliran darah. Amfibi tidak memiliki diafragma untuk memindahkan udara ke paru-paru.

Sebaliknya, mereka menggunakan mulut mereka untuk memaksa udara masuk ke paru-paru mereka. Amfibi yang menggunakan paru-paru untuk bernapas termasuk katak, kodok, salamander, dan kadal air.

Paru-paru Reptil

Reptil memiliki struktur paru-paru yang lebih rumit daripada amfibi, karena mereka terutama mengandalkan paru-paru mereka untuk pertukaran gas. Reptil tidak memiliki diafragma untuk mengembangkan paru-parunya; sebagian besar memperluas dinding tubuh dan tulang rusuk mereka untuk menghirup udara.

Baca Juga: 5 Jenis Burung Kenari dengan Bentuk dan Warna yang Unik

Buaya dan aligator mengembang paru-paru mereka melalui otot khusus yang melekat pada hati mereka. Reptil dengan paru-paru termasuk buaya, aligator, kura-kura, kura-kura dan ular.

Paru-paru Mamalia

Tentu saja, paru-paru Anda tidak seperti paru-paru anjing atau kucing. Tapi, premisnya sama. Paru-paru mamalia dipenuhi dengan alveoli yang meningkatkan luas permukaan paru-paru sesuai dengan kebutuhan hewan, dan mereka ditenagai oleh diafragma.

Anjing, kucing, kuda, sapi, domba, babi, monyet, tikus, dan sejumlah hewan lain memiliki struktur paru-paru yang mirip dengan manusia.

Paru-paru Burung

Burung memiliki paru-paru yang unik karena kebutuhan oksigennya yang tinggi. Paru-paru burung terbuka, mengarah ke dan dari kantung udara khusus. Paru-paru terus mengembang, menerima aliran udara hanya dalam satu arah. Tergantung pada jenis burungnya, ia mungkin memiliki tujuh atau sembilan kantung udara yang memanjang ke tulang pahanya, tulang di antara siku dan bahunya, tulang belakang dan tengkoraknya.

Sistem pernapasan burung yang rumit membutuhkan dua siklus -- inspirasi, ekspirasi, inspirasi, ekspirasi -- untuk mengedarkan udara melalui seluruh sistem pernapasannya, dibandingkan dengan siklus tunggal yang dibutuhkan mamalia. Namun, sistem pernapasan burung lebih efisien karena menggerakkan lebih banyak oksigen setiap kali bernapas.

Paru-paru Ikan

Jika Anda berpikir ikan tidak memiliki paru-paru, Anda sebagian besar benar. Sebagian besar ikan menggunakan insang untuk bernafas.

Namun, lungfish adalah pengecualian, menggunakan paru-paru untuk menghirup udara di atas permukaan air. Beberapa spesies lungfish hanya mengandalkan paru-paru mereka untuk bernapas sementara yang lain juga mengambil oksigen dari air melalui insang mereka. 

Itulah daftar kelompok hewan yang bernapas dengan paru-paru. Apakah ada yang bellum disebutkan?

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar