alexametrics

Pengertian dan Sifat Senyawa yang Perlu Kalian Ketahui

Rifan Aditya
Pengertian dan Sifat Senyawa yang Perlu Kalian Ketahui
Pengertian dan Sifat Senyawa - Senyawa kimia

Berikut penjelasan tentang sifat senyawa dan pengertiannya yang perlu kalian ketahui.

Suara.com - Banyak senyawa kimia di sekitar lingkungan kita, misalnya air laut yang asin. Lantas, apa itu senyawa dan bagaimana sifat senyawa?

Berikut penjelasan tentang sifat senyawa dan pengertiannya yang perlu kalian ketahui.

Pengertian Senyawa

Melansir dari  The Columbia Electronic Encyclopedia, dalam kimia, senyawa didefinisikan sebagai zat yang terdiri dari dua atau lebih unsur yang berbeda yang digabungkan secara kimia. Baik garam maupun air adalah senyawa. Garam terdiri dari unsur natrium dan klorida.

Baca Juga: Pengertian dan Sifat Cermin Cembung

Anda dapat menemukan unsur-unsur ini dan lainnya pada tabel periodik. Di sini, mereka diwakili dengan simbol Na untuk natrium dan Cl untuk klorida. Ketika natrium dan klorida bergabung bersama, mereka menciptakan senyawa natrium klorida, yang diwakili oleh rumus NaCl.

Air juga merupakan senyawa. Pernahkah Anda mendengar tentang H2O? Itulah rumus kimia air. Air terdiri dari unsur-unsur hidrogen dan oksigen, yang ditunjukkan sebagai H dan O pada tabel periodik. Seperti yang mungkin telah Anda pelajari, setiap elemen memiliki sifat fisik dan kimianya sendiri yang unik, yang memungkinkan kita untuk membedakannya.

Hal yang sama dapat dikatakan untuk senyawa. Ketika unsur-unsur bergabung bersama, mereka menciptakan senyawa yang memiliki sifat baru dan berbeda dari sifat-sifat masing-masing unsur. Dalam artkel ini, kita akan belajar tentang jenis sifat yang membantu kita mengidentifikasi senyawa.

Sifat Fisika Senyawa

Sifat fisika senyawa adalah sifat yang dapat diamati atau diukur. Ada banyak jenis sifat fisik yang dapat digunakan untuk membedakan senyawa. Mari kita lihat beberapa sifat fisik senyawa yang lebih umum. Warna dan bau adalah sifat fisik. Keduanya sangat mudah diamati menggunakan indra penglihatan dan penciuman Anda.

Baca Juga: Sifat Cermin Cekung dan Cara Kerjanya

Misalnya, garam yang kita pelajari, yang sebenarnya adalah senyawa natrium klorida, berwarna putih dan tidak berbau, sedangkan senyawa kimia hidrogen sulfida, yang memiliki rumus H2S, tidak berwarna dan berbau seperti telur busuk.

Komentar