facebook

Google Ketahuan Tengah Garap Kacamata Pintar

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Google Ketahuan Tengah Garap Kacamata Pintar
Ilustrasi penggunaan Augmented Reality. [AR]

Beberapa pimpinan dan teknisi yang sebelumnya bekerja di North kini beralih ke divisi Devices & Services Google.

Suara.com - Google dilaporkan sedang mengerjakan riset kacamata pintar Augmented Reality (AR). Hal ini diketahui dari laporan yang diungkap New York Times.

Menurut India Times, Minggu (2/1/2022), kacamata pintar AR buatan Google ini merupakan hasil akuisisi dari North sejak 2020. North adalah perusahaan teknologi asal Kanada yang membuat kacamata pintar.

Sayang proyek yang dijalankan Google masih belum diketahui lebih lanjut. Tidak jelas apakah Google berencana merilis headset atau langsung fokus ke kacamata pintar.

Ilustrasi pencarian di Google. (Pixabay/Firmbee)
Ilustrasi pencarian di Google. (Pixabay/Firmbee)

Saat Google mengakuisisi North, perusahaan memutuskan berhenti menjual kacamata pintar Focals 1.0. Mereka juga membatalkan perangkat baru yang disebut Focals 2.0.

Baca Juga: Kemacetan Rantai Pasokan Berkurang, Produk Industri Otomotif Jepang Melonjak Bulan Lalu

Beberapa pimpinan dan teknisi yang sebelumnya bekerja di North kini beralih ke divisi Devices & Services Google untuk membuat perangkat seperti Pixel, Nest, dan lainnya. Begitu pula dengan tim yang menggarap sistem operasi AR.

Selain Google, beberapa perusahaan teknologi besar lain juga dilaporkan menggarap kacamata pintar berbasis AR. Apple misalnya, mereka sudah lama mengerjakan perangkat tersebut dan segera meluncurkannya tahun 2022.

Ada pula Meta, induk perusahaan Facebook, yang menggarap kacamata pintar lewat Project Cambria untuk tahun ini.

Komentar