facebook

Lima Artis Jualan NFT: Termasuk Syahrini dan NFT BTS yang Kontroversial

Liberty Jemadu
Lima Artis Jualan NFT: Termasuk Syahrini dan NFT BTS yang Kontroversial
Boy band Korsel, BTS akan masuk dalam daftar artis jual NFT jika rencana manajemennya untuk meluncurkan koleksi NFT pada 2022 terwujud. Kini rencana itu diprotes keras oleh para fans. Foto: grup band BTS. (Soompi)

Ada lima artis jual NFT. BTS akan masuk dalam kelompok ini jika manajemennya, Hybe mengabaikan penolakan para fans.

Suara.com - NFT atau Non-fungible Token sedang digandrungi akhir-akhir ini, terlebih setelah seorang mahasiswa bernama Sulta Gustaf Al Ghozali berhasil meraupu miliaran rupiah dari foto selfie-nya yang dijual sebagai NFT di OpenSea pada pekan ini.

Selain Ghozali, sebenarnya beberapa artis sudah lebih dulu berjualan NFT. Di Indonesia misalnya adalah Syahrini, sementara di Barat ada beberapa nama seperti Eminem, Paris Hilton, Shawn Mendes, dan Snoop Dogg. Di Korea Selatan, NFT BTS dikabarkan akan segera meluncur meski ditentang keras penggemar. Berikut adalah daftar artis yang ikut jual NFT:

  1. Eminem
  2. Paris Hilton
  3. Shawn Mendes
  4. Snoop Dogg
  5. Syahrini
  6. Rencana NFT BTS yang kontroversial

Berikut jabarannya

1. Eminem
Legenda rap, Eminem, telah merilis Shady Con NFT-nya dalam kemitraan dengan Nifty Gateway. NFT miliknya ini menampilkan koleksi termasuk buku komik, kartun perdagangan, figur aksi, dan musik original. Hingga awal 2022 ini, penjualan NFT milik Eminem tersebut telah mengumpulkan hampir Rp 28 miliar.

Baca Juga: Fenomena NFT Makin Marak, OpenSea Jadi Toko Grosir dan Sembako, Jual Baju Hingga Seblak

2. Paris Hilton
Setelah bitcoin dan ethereum booming, Paris Hilton diam-diam merilis NFT pertamanya pada Agustus 2020. Dia bahkan telah melelang gambar kucingnya di platform NFT Cryptography dan menyumbangkan hasil penjualannya untuk amal. Sosialita tersebut telah merilis NFT resmi bekerja sama dengan artis Blake Kathryn , yang terjual lebih dari Rp15,7 miliar.

3. Shawn Mendes
Shawn Mendes diketahui telah berkolaborasi dengan Genies yaitu sebuah perusahaan yang menciptakan avatar digital untuk orang-orang seperti Rihanna dan Justin Bieber.

Meski demikian, avatar digital tersebut khusus untuk karya seni NFT dengan menggabungkan gitar Fender khas Mendes, cincin emas, dan rompi berhias. Semua hasil penjualan dari NFTnya, sepenuhnya akan digunakan untuk operasional Shawn Mendes Foundation.

4. Snoop Dogg
Rapper Snoop Dogg merilis koleksi NFT berjudul A Journey with the Dogg. NFT ini menampilkan kenangan Snoop pada awal kariernya. Kabarnya, karya seni ini terinspirasi dari sebuah lagu asli berjudul NFT. Sebagian dari hasil dari penjualan NFTnya, Snoop Dogg memberikannya kepada seniman crypto muda yang baru muncul dan Liga Sepak Bola Pemuda Snoop.

5. Syahrini
Syahrini termasuk salah satu artis dan orang Indonesia yang jualan NFT. Istri pengusaha Reino Barack ini pada Desember lalu sudah menjual beberapa NFT di platform Binance.

Baca Juga: Rawan Dipakai untuk Kejahatan, Kemendagri Sebut Foto Selfie Terkait NFT Berbahaya!

6. Bonus track: BTS
Terakhir, yang tak kalah heboh adan boy band atau grup vokal Korea Selatan, BTS. Manajemennya, Hybe pada akhir 2021 kemarin mengumumkan bahwa BTS akan meluncurkan koleksi NFT.

Tetapi rencana itu diprotes oleh para penggemar garis keras BTS. Mereka mengancam akan memboikot boy band tersebut jika Hybe ngotot meluncurkan NFT. Alasannya karena NFT, yang mengandalkan teknologi blockchain seperti mata uang kripto, boros listrik dan tak ramah lingkungan.

Pada awal Januari 2022 juru bicara Hybe, John Kim mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa rencana meluncurkan NFT akan tetap berjalan meski ditentang oleh para fans BTS.

"Kami yakin NFT memiliki potensi untuk berkembang dan berharap bisa memberikan pengalaman yang beragam kepada para fans dan kesempatan untuk mengekpresikan diri mereka," ujar Kim.

Kim mengatakan bahwa NFT BTS akan meluncur sekitar pertengahan 2022.

Itulah daftar artis yang turut berjualan NFT. Bagaimana dengan kamu, akan ikut bikin NFT juga? [Damai Lestari]

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar