facebook

Tak Punya Uang, Kisah Bocah Ini Cari Warung Makan Gratis di Google Maps Jadi Viral

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tak Punya Uang, Kisah Bocah Ini Cari Warung Makan Gratis di Google Maps Jadi Viral
Ilustrasi Google Maps (Pixabay/albersHeinemann)

Seorang bocah perempuan bernama Desti berumur 16 tahun mendadak menjadi viral di media sosial karena harus menahan lapar dan mencari bantuan di internet.

Suara.com - Seorang bocah perempuan bernama Desti berumur 16 tahun mendadak menjadi viral di media sosial karena harus menahan lapar dan mencari bantuan di internet.

Sebuah video viral diunggah oleh akun TikTok @humairohazizalkat pada 14 Januari, pemilik akun yang juga mempunyai program berbagi makanan gratis itu bercerita awalnya ia dihubungi oleh nomor tak dikenal.

Rupanya, itu adalah Desti yang mengetahui nomornya dari internet setelah mencari warung makan gratis miliknya melalui Google Maps.

Bocah yang hanya tinggal bersama kakak lelakinya itu mengaku belum makan dari semalam dan menemukan warung makan gratis pemilik akun.

Baca Juga: Temukan Gelang Emas Seharga Rp 40 Juta, Kejujuran Bang Mail Si Tukang Parkir Bikin Salut

Dengan sigap, pemilik akun pun mendatangi tempat tinggal Desti dan kakaknya yang tak jauh dari lokasinya di daerah Depok.

Bocah itu mengaku bahwa ia ingin pergi dengan berjalan kaki ke warung makan gratis pemilik akun, namun karena terlalu lemas akibat kelaparan, mereka tak sanggup berjalan.

Aksi bocah cari warung makan gratis bikin pilu. [TikTok]
Aksi bocah cari warung makan gratis bikin pilu. [TikTok]

Pemilik akun pun memberikan makanan dan minuman kepada kakak beradik itu yang telah dibeli sebelumnya.

Menurut keterangannya, ayah mereka telah meninggal dunia, sementara sang ibu pergi tak tahu kemana.

Keduanya tinggal di sebuah rumah papan dan bekerja mencari barang rongsokan.

Baca Juga: Ngakak Abis! Lawakan Renyah Istri Sopir Truk saat Masuk ke Mobil

"Mereka tadinya tinggal di depan ruko-ruko, namun bertemu dengan seseorang yang mengajak mereka untuk ngerongsok dan akhirnya ngontrak dengan hasil rongsok itu sebesar 300 ribu per bulan," tulis pemilik akun.

Untuk alas tidur pun keduanya hanya mengenakan sarung. Sementara baju yang dimiliki hanya tiga helai, dengan pakaian dalam masing-masing satu pasang.

"Ternyata ia tahu nomerku dari Google Maps. Ia mencari warung makan gratis agar hari itu bisa makan, namun karena jauh berjalan kaki dan sudah lemas, ia putuskan WhatsApp nomer yang ada di situ. Ia betul-betul tak mampu menahan tangis karena rasa lapar yang sudah sangat mengiris perut," tambah pemilik akun.

Di dalam kontrakan pun mereka tidak memiliki apa pun. Bahkan untuk air minum sehari-hari, kakak beradik itu meminta kepada tetangga.

Saat diberikan makan oleh pemilik akun, bocah tersebut tak kuasa menahan air matanya.

Video itu pun mengundang simpati pengguna media sosial dan tak sedikit yang memberikan donasi.

Dalam video terpisah, banyak orang memberikan baju layak pakai serta berdonasi uang yang kemudian dibelikan perlengkapan seperti kasur, mesin penanak nasi, hingga kompor.

Aksi bocah cari warung makan gratis bikin pilu. [TikTok]
Aksi bocah cari warung makan gratis bikin pilu. [TikTok]

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 2 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 228.400 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

"Di saat aku bisa milih-milih makanan, ternyata ada yang kelaparan di luar sana," tulis akun @balikpapankuchannel.

"Yang kuat ya dek, aku yakin kamu akan sukses nanti. Tuhan nggak tidur. Ah kenapa gue tiba-tiba mewek," komentar @doc.ayieb.

"Senyuman adiknya membuat sedih dan bener-bener terpukul. Aku yang kadang masih ngeluh, ternyata ada yang lebih membutuhkan di luar sana," tambah @ketupatrendangg_.

"Sini tinggal sama aku aja. Aku yatim piatu dari remaja, tau banget gimana rasanya berjuang sendirian. Kalau adek ini mau, aku ikhlas rawat dia," ungkap @faraz.anakku.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar