facebook

Pasar Ponsel Indonesia Akan Dibanjiri HP 5G Murah

Liberty Jemadu
Pasar Ponsel Indonesia Akan Dibanjiri HP 5G Murah
Indonesia akan dibanjiri HP 5G murah di 2022. Foto: Ilustrasi HP 5G. [Shutterstock]

Pasar ponsel Indonesia dinilai menjanjikan di 2022. Siap dibanjiri HP 5G murah.

Suara.com - Firma riset pasar Counterpoint Research memprediksi kalau pangsa pasar ponsel Indonesia bakal menjanjikan selama tahun 2022. Diprediksi akan banyak HP 5G murah masuk ke Tanah Air di tahun ini.

"Pasar smartphone Indonesia akan memiliki prospek menjanjikan pada tahun 2022," kata Analis Senior Counterpoint, Febriman Abdillah, dikutip dari laman resmi Counterpoint, Senin (23/5/2022).

Setidaknya ada tiga faktor yang memperkuat klaim tersebut. Abdillah mengatakan kalau faktor pertama adalah banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) yang terus agresif meluncurkan ponsel baru tahun ini.

Faktor kedua adalah mulai banyaknya produsen yang menghadirkan ponsel 5G dengan harga terjangkau. Faktor terakhir yakni meningkatnya penjualan via online lewat kemitraan bersama e-commerce.

Baca Juga: Oppo Jadi Penguasa Pasar Ponsel Indonesia per Q1 2022

Abdillah juga memprediksi kalau ponsel dengan rentang harga 150-249 dolar AS (Rp 2,1-3,6 juta) bisa menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat hingga 35 persen.

Pasar smartphone Indonesia sendiri tumbuh 11,5 persen secara year-on-year (YoY) pada Q1 2022. Pertumbuhan ini sukses lantaran adanya pemulihan ekonomi yang dimulai sejak semester kedua tahun 2021.

Banyak produsen yang juga meluncurkan model-model baru serta kampanye promosi selama kuartal tersebut untuk memenuhi banyaknya permintaan konsumen Indonesia.

Kampanye promosi ini juga gencar dilakukan produsen selama periode sebelum Ramadhan di bulan April. Promosi ini ditawarkan melalui kanal online dan kemitraan bersama e-commerce yang mencakup diskon, cashback, hadiah, dan item bundling.

"Upaya OEM ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari pemulihan ekonomi dan permintaan yang terpendam," ujar Counterpoint.

Baca Juga: Oppo Kuasai Pasar Ponsel Pintar Indonesia di 2021, Pertumbuhan Xiaomi Paling Pesat

Longgarnya kebijakan PPKM juga membuat banyak konsumen mulai datang langsung ke toko ritel. Terbukti kanal penjualan online hanya naik 1 persen dari 17 persen pada Q1 2022.

Komentar