facebook

Kabar Baik, Pertama Kalinya Shanghai Laporkan Nol Kasus Covid-19

Dythia Novianty
Kabar Baik, Pertama Kalinya Shanghai Laporkan Nol Kasus Covid-19
Suasana di kota Shanghai, China. (Anadolu Agency)

China melaporkan nol infeksi Covid-19 baru di Shanghai untuk pertama kalinya.

Suara.com - China melaporkan nol infeksi Covid-19 baru di Shanghai untuk pertama kalinya sejak Maret pada Sabtu (25/6/2022).

Pusat ekonomi Shanghai terpaksa di-lockdown selama berbulan-bulan dalam lonjakan Covid musim semi ini.

Didorong varian Omicron yang menyebar cepat, sementara ibu kota Beijing menutup sekolah dan kantor selama berminggu-minggu karena wabah terpisah.

Infeksi menyempit menjadi beberapa kasus dalam beberapa hari terakhir, dengan Shanghai pada Sabtu (25/6/2022), melaporkan nol kasus yang ditularkan secara lokal untuk pertama kalinya sejak dimulainya wabah pada awal Maret.

Baca Juga: Bar di Shanghai Jadi Sumber Klaster Baru Covid-19, Pemerintah Karantina Lebih dari 6.000 Orang

"Tidak ada kasus Covid-19 domestik baru yang dikonfirmasi dan tidak ada infeksi tanpa gejala domestik baru di Shanghai pada 24 Juni 2022," kata juru bicara kota itu dalam sebuah pernyataan, dilansir laman Channel News Asia, Minggu (26/6/2022).

Lockdown pada 25 juta penduduk Shanghai hampir dicabut pada awal Juni lalu, tetapi kota metropolitan itu telah berjuang untuk kembali normal karena lingkungan individu telah menerapkan kembali pembatasan sebagai tanggapan terhadap infeksi baru.

Ilustrasi Covid-19 - Tingkat Keparahan Omicron BA.4 dan BA.5 (Freepik)
Ilustrasi Covid-19 - Tingkat Keparahan Omicron BA.4 dan BA.5 (Freepik)

Jutaan orang di kota itu untuk sementara di-lockdown lagi dua minggu lalu setelah pemerintah memerintahkan kampanye pengujian massal baru.

Di Beijing, pembatasan yang pertama kali diberlakukan pada Mei dilonggarkan karena kasus menurun, tetapi diperketat lagi bulan ini setelah klaster infeksi terkait kehidupan malam muncul.

Biro pendidikan kota mengatakan pada Sabtu bahwa semua siswa sekolah dasar dan menengah dapat kembali ke kelas mereka untuk sekolah langsung pada hari Senin, setelah bar cluster menunda pembukaan kembali sekolah.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Shanghai Naik Lagi, China Pejat Sejumlah Pejabat

"Semua staf sekolah, siswa dan orang tua harus melakukan tes PCR sebelum kembali ke sekolah, dan didesak untuk membatasi keluar dan menghindari pertemuan," kata biro pendidikan dalam sebuah posting media sosial resmi.

Komentar