facebook

Unpad Garap Eduverse, Metaverse di Ranah Pendidikan

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Unpad Garap Eduverse, Metaverse di Ranah Pendidikan
Ilustrasi Metaverse. [Freepik]

Unpad lewat Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) mengumumkan kolaborasi bersama WIR Group.

Suara.com - Universitas Padjajaran Bandung (Unpad) lewat Institut Pembangunan Jawa Barat (Injabar) mengumumkan kolaborasi bersama WIR Group.

Mereka akan mengembangkan platform edukasi di metaverse, atau yang disebut Eduverse.

Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad, Yanyan Mochamad Yani mengatakan, pihaknya melihat transformasi digital global melalui metaverse sudah sedemikian tinggi dengan tingkat kompetisi yang kian ketat.

"Sehingga itu menuntut banyak lembaga pendidikan untuk ambil bagian dalam implementasi teknologi digital metaverse agar tetap berada pada jalur kompetisi," kata Yanyan dalam keterangannya, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Good Games Guild Ingin Dorong Ekonomi Virtual di Indonesia

Kerja sama itu nantinya akan dimulai dengan program-program strategis dari Injabar untuk pengembangan edukasi di platform metaverse.

Keri Lestari selaku Direktur Injabar mengaku optimistis bahwa transformasi digital Injabar melalui metaverse dapat meningkatkan kapabilitas lembaga kajian ini.

WIR Group - Unpad menggarap Eduverse. [WIR Group]
WIR Group - Unpad menggarap Eduverse. [WIR Group]

"Untuk menjadi pendamping utama dan wadah pengetahuan bagi Jawa Barat dalam menyusun dan mengambil kebijakan, dalam rangka membangun daya saing dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," kata dia.

Lebih lanjut Keri Lestari menjelaskan, Injabar Unpad memerlukan mitra dan dukungan untuk dapat menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi digital yang memiliki akselerasi dan dinamika yang tinggi.

"Untuk menghadirkan teknologi digital, selain dibutuhkan pengetahuan, juga sarana aplikasi pendukung untuk dapat memanfaatkan dan memperoleh benefit optimal dari teknologi, yang diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat banyak," papar dia.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Yakin 1 Miliar Orang Jadi Penghuni Metaverse

Chief Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus menyatakan, masuknya Injabar Unpad dalam dunia metaverse menambah daftar panjang sektor pendidikan, riset, dan penelitian yang memanfaatkan teknologi metaverse.

Komentar